Emir Qatar Bantu Masyarakat Gaza Rp. 122 M

 

Tamim Al-Thani dan Ismail Haniyah dalam sebuah pertemuan tahun 2012. (Alamy)

Doha, MINA – Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani kembali menyediakan senilai 9 juta dolar AS (sekitar 122 miliar rupiah) untuk masyarakat di Jalur .

Bantuan untuk bantuan darurat obat-obatan, bahan makanan dan bahan bakar untuk mengoperasikan generator rumah sakit di Jalur Gaza, kata Ketua Komite Nasional untuk Rekonstruksi Gaza, Mohammed bin Ismail Al Emadi, Jumat (9/2/2018).

“Bantuan untuk masyarakat Gaza merespons situasi kemanusiaan yang memburuk seperti diserukan PBB,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres dan Utusan Khusus Nickolay Mladenov mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada Qatar atas sumbangannya yang cepat dan murah hati terhadap seruan mendesak PBB.

PBB menyebut, bantuan segera untuk mencegah bencana kemanusiaan yang semakin rentan di Gaza.

Kontribusi ini akan memastikan warga Gaza dapat mengakses layanan kesehatan, air dan sanitasi, yang dapat menyelamatkan jiwa, kata mereka.

Akibat pengepungan Israel, orang-orang Gaza menghadapi kondisi sulit karena kekurangan pasokan obat-obatan, bahan bakar rumah sakit dan bahan penting lainnya.

Emir Tamim Al-Thani kemarin mengadakan percakapan via telepon dengan Ismail Haniyah, kepala biro politik Gerakan Perlawanan Islam di Palestina (Hamas), seputar kondisi kemanusiaan kritis masyarakat Gaza dan kurangnya bahan bakar yang mengakibatkan penutupan beberapa rumah sakit dan klinik.

Emir menegaskan kembali kepada Haniyah, dukungan berkelanjutan Qatar untuk rakyat Palestina, serta akan melakukan proyek rekonstruksi di Gaza dan berupaya memberikan bahan bakar yang diperlukan untuk sektor-sektor yang memerlukannya segera.

Haniyah dalam percakapannya mengungkapkan rasa terima kasih warga Gaza kepada Emir Qatar atas dukungan terus-menerusnya.

Qatar selalu menunjukkan komitmennya dalam mendukung rakyat Palestina, dan bergerak maju dengan proyek-proyek rekonstruksi di Jalur Gaza, serta untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.