Empat Prioritas Utama Pemprov DKI Tangani Transportasi

Jakarta, MINA – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan empat prioritas utama Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dalam melakukan penanganan permasalahan transportasi di Ibu Kota.

Pertama, membuat pejalan kaki terfasilitasi dengan baik, karena berjalan kaki merupakan moda transportasi yang paling murah dan dimiliki setiap orang. Kedua, mendorong kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda atau motor listrik. Ketiga, manajemen angkutan umum, dan keempat, kendaraan pribadi.

“Untuk prioritas yang pertama, kita pahami bahwa sesuai Intruksi Gubernur Nomor 6/2019, beliau secara tegas mengatakan kita harus melakukan integrasi secara menyeluruh. Karena itu, jalur pedestrian yang dibangun seluruhnya harus mengarah dengan sistem angkutan umum yang dibangun sebelumnya,” ujarnya, Selasa (27/8).

Syafrin menambahkan, mulai tahun ini semua penataan jalur pedestrian di Jakarta akan mengarah pada jaringan angkutan umum yang ada.

“Selama ini karena memang fasilitas bagi pejalan kaki tidak disiapkan dengan terintegrasi dengan angkutan umum. Maka orang dari rumah berpikir saya naik apa dari rumah. Dengan pola ini, diharapkan warga Jakarta dapat melakukan perjalanannya dengan nyaman dan tenang,” katanya. (L/R11/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)