Enam Desa Terendam Banjir di Seluma, Bengkulu

(Foto: Antara)

, MINA – Sedikitnya enam desa terendam setelah dilanda hujan deras dalam periode yang cukup lama di Kabupaten Seluma, Bengkulu, Selasa (31/12).

Adapun keenam desa yang terendam banjir sejak pukul 20.00 WIB tersebut adalah; Desa Tanjung Agung sebanyak 13 rumah, Desa Pagar Agung sebanyak 40 rumah, Desa Talang Tinggi sebanyak 45 rumah, Desa Lubuk sebanyak 35 rumah, Desa Talang Dantuk sebanyak 11 rumah dan Desa Lubuk Lahan sebanyak 5 rumah.

Selain merendam rumah, banjir juga mengakibatkan jalan raya yang menghubungkan Bengkulu dan Manna terputus karena tergenang air.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma, dua warga berstatus suami dan istri atas nama kepala keluarga Hajra sempat terseret arus banjir, akan tetapi keduanya berhasil selamat. Sedangkan hingga saat ini kerugian belum bisa dipastikan karena masih dalam proses pendataan.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Seluma, Polres Kabupaten Seluma dan dibantu masyarakat setempat telah melakukan pemetaan lebih lanjut dan memberikan pertolongan kepada warga.

Berdasarkan laporan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Kabupaten Seluma, Bengkulu masih berpotensi hujan lebat dengan suhu 23 derajat celcius, tingkat kelembaban 95 persen dab kecepatan angin berkisar 10 km/jam mengarah ke timur laut.

“Oleh karena itu masyarakat dihimbau agar mempersiapkan diri dari segala kemungkinan yang dapat berpotensi menjadi bencana,” tulis peringatan dari BMKG dalam keterangannya. (T/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)