Enam Senator Demokrat AS Kecam Rencana Aneksasi Tepi Barat

Senator Jeff Merkley dari Partai Demokrat memperkenalkan resolusi yang mendukung resolusi dua negara dalam konflik Palestina-Israel. (Foto: dok. Chip Somodevilla/Getty Images)

Washington, MINA – Enam senator partai Demokrat Amerika Serikat (AS) pada Kamis (6/6) mengajukan sebuah resolusi yang mengecam rencana Israel untuk mencaplok wilayah Tepi Barat dan mendukung resolusi dua negara dalam penyelesaian .

Resolusi tersebut diperkenalkan oleh Senator Jeff Merkley yang bergabung dengan Senator Dick Durbin dari Illinois, Bernie Sanders, Elizabeth Warren, Tammy Duckworth, dan Dianne Feinstein.

Sanders dan Warren adalah di antara kandidat presiden dari Partai Demokrat yang mengecam janji Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelum pemilu Israel 9 April.

“Aneksasi sepihak atas Tepi Barat akan membahayakan prospek solusi dua negara, membahayakan hubungan Israel dengan tetangga Arabnya, mengancam identitas Yahudi dan demokrasi Israel, dan merusak keamanan Israel,” kata resolusi yang tidak mengikat tersebut, demikian Times of Israel melaporkan.

Dikatakan bahwa “kebijakan Amerika Serikat seharusnya menjaga kondisi yang kondusif untuk solusi dua negara yang dinegosiasikan.”

Organisasi kebijakan Timur Tengah J Street menyambut resolusi tersebut.

“Resolusi ini merupakan peringatan penting bagi pemerintahan (Presiden Donald) Trump terhadap segala upaya untuk mendorong aneksasi atau melemahkan prospek utama untuk solusi dua negara,” kata Presiden J Street, Jeremy Ben-Ami dalam sebuah pernyataan.

Netanyahu dan Trump dinilai telah mundur dari mendukung hasil solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.