Erdogan Kecam Larangan Taliban Terhadap Pendidikan Wanita

Ankara, MINA – Presiden Turkiye Recep Tayyip mengecam perintah Taliban yang berkuasa di Afghanistan, melarang universitas dan pendidikan dasar bagi perempuan dan menyebutnya sebagai kebijakan yang “tidak Islami”.

“Itu tidak manusiawi dan tidak Islami,” kata Erdogan saat berpidato di pertemuan luar biasa  Menteri-Menteri Luar Negeri negara- negara anggota Organisasi Konperensi Islam (OKI), di Ankara, Middle East Monitor, Sabtu (14/1) melaporkan.

“Tidak ada hal seperti itu dalam agama kami. Tidak ada yang harus mendefinisikan larangan seperti itu berdasarkan Islam. Islam tidak menerima hal seperti itu. Sebaliknya, kami adalah anggota agama yang mengatakan ‘carilah ilmu dari buaian sampai akhir’,” tambahnya.

Pertemuan luar biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI), meminta pemerintah sementara Afghanistan untuk meninjau kembali larangan dan bekerja di organisasi pendidikan dan non-pemerintah.

Dalam pertemuan, OKI memutuskan untuk mengirim delegasi agama untuk menekankan bahwa akses perempuan dan anak perempuan ke semua tingkat pendidikan adalah hak asasi manusia yang mendasar. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.