Erdogan Klaim Menang Pemilihan Presiden dan Parlemen

Ankara, MINA – Presiden Turki telah menyatakan kemenangannya dalam pemilihan presiden negara itu, Ahad (24/6).

Ia juga mengatakan bahwa aliansi yang dipimpin oleh partai yang berkuasa juga memenangkan suara mayoritas di pemilihan parlemen, demikian Al Jazeera melaporkan.

Lebih dari 56 juta orang memenuhi syarat untuk memilih dalam dua pemilihan (Presiden dan Parlemen) pada Ahad (24/6) yang diadakan untuk pertama kalinya di hari yang sama.

Media pemerintah Turki melaporkan, beberapa pemimpin dunia telah menelepon dan mengirim pesan mengucapkan selamat kepada Erdogan.

Di antara mereka adalah Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Perdana Menteri Albania Edi Rama, Presiden Sudan Omar Al-Bashir, dan Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev, demikian Anadolu Agency melaporkan.

Pada pemilihan presiden, setelah lebih dari 94 persen suara dihitung, Erdogan meraup 52,83 persen suara.

Sementara pada pemilihan parlemen, setelah lebih 94 persen suara dihitung, Aliansi Rakyat (Partai AK dan MHP) meraih 53,84 persen suara.

Namun partai oposisi utama mengatakan, terlalu dini untuk mengakui kekalahan dan berkeyakinan bahwa Erdogan masih bisa gagal meraih 50 persen suara yang diperlukan untuk menghindari pemilihan putaran kedua pada 8 Juli. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.