Erdogan: Turki Perkuat Hubungan Dengan Negara-Negara Afrika

Presiden Recep Tayyip Erdogan (Foto: Anadolu Agency)

Ankara, MINA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan ingin mempererat hubungan bilateral dengan sejumlah negara di .

“Kami ingin mempererat hubungan bilateral dengan sejumlah negara di Afrika membangun tatanan dunia baru,” kata Erdogan di akun Twitter-nya, Sabtu (3/3)  di akhir perjalanan lima hari di empat negara Afrika.

Dia juga mengatakan, telah mengadakan pembicaraan “produktif” dan melakukan hubungan lebih erat di empat negara yang dikunjunginya yakni Aljazair, Mauritania, Senegal dan Mali.  Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

“Turki melihat Aljazair memiliki kawasan pulau yang stabilitas dan ekonominya bagus, Insya Allah, kami akan meningkatkan persahabatan kami di setiap area dan kami akan sampai pada poin yang lebih baik terutama dalam hal investasi,” kata Erdogan.

Dia juga memaparkan berencana membat proyek bersama dengan Mauritania dalam bidang kesehatan, pertanian, dan bantuan kemanusiaan.

“Seiring sektor swasta kita juga meningkatkan investasi di Mauritania, kami berniat untuk mengembangkan hubungan berdasarkan prinsip” win-win “,” katanya.

Erdogan juga mengatakan meningkatkan hubungan dalam bidang politik dan dengan Senegal ini adalah salah satu prioritas Turki. “Penting bagi Turki untuk menyeimbangkan volume perdagangan dengan Afrika, dan juga meningkatkannya,” ujar Erodgan.

“Kami siap  meningkatkan stabilitas politik dan ekonomi Mali, di mana saya melakukan kunjungan pertama di tingkat presiden. Selain itu, kami akan memperkuat hubungan budaya dan perdagangan,” jelas dia.

Menurutnya, dalam kunjungannya ke Afrika, dia disambut dengan hangat, “Kami mencintai saudara-saudara kami di Afrika,” (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.