Evakuasi WNI dari Sudan Tiba di Tanah Air, Transit di Asrama Haji

(Foto: Doc MINA)

Jakarta, MINA – Sebanyak 385 Warga Negara Indonesia () tahap pertama tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat (28/4) pagi.

Dilaporkan sekitar 902 orang WNI yang telah terdaftar akan dipulangkan ke Indonesia dari dan dibagi ke dalam tiga tahap, antara lain adalah sebagai berikut.

Tahap pertama, terdapat 385 orang WNI yang dijadwalkan tiba pada Jumat, 28 April 2023, pukul 05.30 WIB, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tahap ketiga, terdapat 393 orang WNI dijadwalkan tiba pada Sabtu, 30 April 2023, pukul 05.30 WIB, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma.

Tahap ketiga, terdapat 116 orang WNI dijadwalkan tiba pada Senin, 1 Mei 2023, pukul 05.30 WIB, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita MINA, rombongan 385 WNI, enam di antaranya dari Pondok Pesantren Al-Fatah Indonesia tiba sekitar pukul 6.30 WIB.

Wartawan MINA melaporkan, para WNI itu langsung dibawa ke tempat penampungan sementara di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Para WNI rombongan pertama evakuasi Sudan dibawa menggunakan 15 bus Transjakarta.

Sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad, didampingi Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono beserta Tim KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah pada Kamis, 27 April 2023, pukul 15.00 waktu Arab Saudi (19.00 WIB) melepas keberangkatan WNI terdebut dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Dubes Aziz menjelaskan, sebagian WNI yang sudah dievakuasi kemarin melalui jalur laut dan jalur udara akan dipulangkan secara bergelombang ke Tanah Air.

“Beberapa dari WNI evakuasi jalur udara tadi malam yang menggunakan kursi roda mendapatkan prioritas diterbangkan hari ini,” kata Dubes Azis dalam keterangan resmi KBRI Riyadh.

Sehari sebelumnya pada tanggal 26 Maret 2023, terdapat dua gelombang evakuasi WNI Sudan, yaitu sebanyak 557 WNI via jalur laut (Kapal MV Amanah berbendera Arab Saudi) dan 110 WNI via jalur udara (Pesawat TNI AU), sehingga sampai saat ini total sebanyak 667 WNI telah dievakuasi dari Sudan ke Jeddah.

Kepulangan gelombang pertama sebanyak 385 WNI ini menggunakan penerbangan reguler Garuda GA991. Kepulangan WNI evakuasi Sudan menggunakan jalur udara dari Jeddah ke Jakarta berikutnya direncanakan pada tanggal 29 April 2023.

“Seluruh WNI evakuasi Sudan masuk ke Arab Saudi menggunakan visa darurat kemanusiaan akan dipulangkan ke Indonesia secara bertahap,” jelas Dubes Aziz seraya menambahkan, Arab Saudi hanya menjadi negara transit dan tidak diizinkan untuk tinggal lebih lama di Arab Saudi. (L/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.