Faksi Palestina Sepakat Aktifkan Komite Komunitas Rekonsiliasi

(Foto: alRay)

Gaza, MINA – Faksi-faksi mengumumkan persetujuan mereka untuk mengaktifkan Komite Komunitas sesuai dengan Persetujuan Kairo tahun 2011.

Persetujuan tersebut terjadi setelah sebuah pertemuan gabungan di Gaza pada hari Ahad (23/7) dihadiri faksi-faksi Palestina, di antaranya Hamas, Fatah, Jihad Islam, Saeka, Inisiatif Nasional dan Front Populer.

Faksi-faksi lainnya diundang pula untuk menandatangani persetujuan dan berpartisipasi dalam pekerjaan Komite Komunitas Rekonsiliasi, demikian keterangan pers Hamas yang dikutip MINA, Selasa (25/7).

Rapat pertama Komite dijadwalkan dalam beberapa hari ke depan.

Berbagai usaha telah dilakukan di masa lalu untuk mendamaikan Hamas dan Fatah karena terjadi konflik kekerasan pada tahun 2007, tak lama setelah kemenangan Hamas 2006 di pemilihan umum yang diselenggarakan di Jalur Gaza.

Kepemimpinan Palestina telah berulang kali gagal untuk menindaklanjuti janji-janji rekonsiliasi, karena kedua gerakan telah sering menyalahkan satu sama lain untuk berbagai kegagalan politik.

Desakan rekonsiliasi sebagai prasyarat utama penyelesaian masalah Palestina, juga datang dari berbagai kalangan internasional termasuk dari KTT Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Jakarta beberapa waktu lalu. (T/R01/RI-1)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.