Faried Thalib, Arsitek Pembangunan Masjid Agung Megamendung

Megamendung, Kabupaten Bogor, MINA – Imam besar Ummat Islam Indonesia, Shihab meletakkan batu pertama, mengawali pembangunan Pondok Pesantren Agrokultural , Megamendung, Kabupaten Bogor.

Salah satu yang menarik dari pembangunan itu adalah, arsitek masjid merupakan sosok yang mengarsiteki pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina, dan RS Indonesia di Rakhine, Myanmar, yaitu Ir. Faried Thalib.

Faried Thalib adalah seorang pengusaha sekaligus aktifis. Ia saat ini menjadi salah satu presidium lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C). Selain itu, Faried juga merupakan komisaris dari jaringan radio dakwah Rasil (Radio Silaturahim)  yang memiliki jaringan di beberapa kota di Indonesia.

Di kalangan masyarakat sekitar, Faried juga dikenal sebagai sosok yang aktif memakmurkan masjid-masjid di sekitar ia tinggal di kawasan Cibubur.

Alhamdulillah sangat bermanfaat di sana dan gak ragu lagi kalau tim ini (Faried Thalib) adalah tim profesional. Insya Allah kita akan bangun masjid di sini ” kata Habib Rizieq, dalam sambutannya di hadapan puluhan ribu jamaah yang hadir.

Masjid dibangun di tanah seluas 10 hektar. Masjid tersebut, lanjutnya, dibuat dua lantai. Lantai pertama akan dibuat perpustakaan yang akan menyimpan buku-buku dari Makkah dan lantai dua digunakan untuk sholat berjamaah.

Masjid agung tersebut bisa menampung sekitar 5000 jemaah. Lokasi masjid berada di dalam Markaz Syariah yang berada di Kampung Lembah Nendeut, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Selain masjid, juga akan dibangun pula media center, wisma, klinik, madrasah, asrama putra dan putri, kantor operasional dan klinik hingga lapangan sepak bola. (T/P2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.