Fasilitas Lengkap Masjid Nabawi Manjakan Jamaah Haji

(dok. Kemenag)

Madinah, MINA – sangat lengkap siap memanjakan para yang datang. Selain menyediakan rak untuk menyimpan sandal di setiap pintu masuk dan dekat tiang, masjid Nabawi juga menyediakan air minum Zam-zam. Ada dua jenis pilihan Zam-zam, dingin dan netral.

Bahkan Nabawi juga menyediakan fasilitas ibadah untuk jamaah udzur dan penyandang disabilitas. Kursi roda tersedia di banyak pintu gerbang masuk, dan kursi lipat pun tersedia dalam jumlah yang mungkin mencapai ribuan di berbagai tempat.

Fasilitas ini memang sangat membantu jamaah. Zam-zam misalnya, banyak dimanfaatkan oleh jamaah haji untuk sekedar minum di tempat dan bahkan untuk “isi ulang” botol mereka. Demikian laporan panitia haji Kemenag yang diterima MINA, Senin (1/8).

Tidak jarang pula ada jamaah yang mengisi “sprayer” dengan zam-zam. Ya, air minum dan air penyemprot wajah memang sangat penting bagi jamaah, mengingat saat ini cuaca Madinah sangat panas.

Menurut data Siskohat, jamaah haji Indonesia tahun ini yang berusia 61 tahun ke atas mencapai 52.746 orang atau sekitar 26%. Bagi jamaah haji udzur dan berusia lanjut yang sedang berada di masjid Nabawi tidak perlu khawatir. Mereka dapat memanfaatkan kursi roda dan kursi lipat dengan leluasa. Bahkan kursi roda juga bisa dibawa masuk ke dalam masjid.

Jamaah yang tidak kuat berdiri terlalu lama saat sholat berjamaah juga dapat menggunakan kursi lipat yang banyak tersedia. Tentu jamaah harus mengembalikan kursi lipat yang telah dipakainya ke tempat semula. Dengan ketersedian berbagai fasilitas di Nabawi semoga dapat membantu jamaah haji beribadah lebih nyaman dan khusyu’. (R/R06/R01)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.