Federica Mogherini: Tidak Ada Sanksi Baru Untuk Iran

(Foto: Anadolu Agency)

Luksemburg, MINA – Kepala Kebijakan Luar Negeri pada Senin (16/4) mengatakan, blok UE tidak mengeluarkan baru atas , meskipun Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan bahwa AS akan menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Teheran.

“Kami sudah memberlakukan sanksi ke Iran yang tidak terkait nuklir. Untuk saat ini tidak ada keputusan apa pun yang akan diambil mengenai hal ini,” kata Federica Mogherini menjelang pertemuan Dewan Urusan Luar Negeri UE di Luksemburg.

Berdasarkan perjanjian nuklir yang disepakati antara Iran dan pihak internasional pada 2015, bantuan uang senilai miliaran dolar telah digelontorkan ke Iran sebagai pengganti sanksi rezim.

Mengenai pengumuman Trump bahwa dia tidak akan mengesahkan perjanjian nuklir Iran pada 12 Mei. seperti Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

“Kami mengupayakan segala upaya untuk bekerja sama dengan AS untuk memastikan bahwa semua pihak tetap berkomitmen penuh dalam implementasi kesepakatan, seperti yang sudah berjalan selama ini,” kata Mogherini.

Dia mengatakan, bahwa 28 negara anggota akan kembali menegaskan sikap mereka mengenai penggunaan senjata kimia dan mempersiapkan konferensi Suriah, yang akan diselenggarakan pada 24-25 April. (T/R03/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)