Festival #IniJakarta akan Digelar di Lapangan Banteng Akhir Pekan ini

, MINA – Jakarta bersama Relawan Plus Jakarta menggelar Festival selama akhir pekan ini tanggal 3-5 Desember 2021 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Acara ini menjadi bagian dari Festival Kolaborasi Jakarta (FKJ) yang sudah bergulir sejak pertengahan Oktober lalu di berbagai lokasi. Sebagai wadah penggerak hasil inisiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, diharapkan kolaborasi antar warga dan pemerintah dapat mewujudkan mimpi bersama agar Jakarta semakin maju.

#IniJakarta dikelola oleh relawan warga guna menyebar sekaligus membumikan identitas Kota Jakarta, yaitu +Jakarta (baca: Plus Jakarta). Lewat keterlibatan aktif ragam elemen, acara ini akan memperkenalkan, menjelaskan, dan merayakan semangat kolaborasi di Kota Jakarta.

“Dalam kegiatan ini, akan terlihat ragam kolaborasi bersama antar-komunitas di Jakarta dengan semangat yang sama, untuk memajukan kota Jakarta. +Jakarta akan memfasilitasi berbagai ide, informasi dan peran dari berbagai lapisan masyarakat, seperti para seniman, perusahaan rintisan, UMKM, lembaga kemanusiaan, ibu-ibu arisan, mahasiswa hingga komunitas. Targetnya, menjaga ketahanan lingkungan, regenerasi urban, inovasi dan teknologi, serta seni dan kebudayaan,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, Jumat (3/12).

+Jakarta telah hadir selama lebih dari satu tahun sebagai wadah kolaborasi bersama dengan ratusan kolaborator, +Jakarta telah membawa interaksi antara warga dan kota Jakarta ke arah yang lebih maju dan interaktif. Kali ini, bersama 21 komunitas dan puluhan Teman Kolaborasi lainnya, #IniJakarta hadir untuk merayakan beragam kolaborasi yang telah dilalui.

#IniJakarta juga menjadi kesempatan bagi berbagai komunitas yang memiliki semangat memajukan kota untuk tampil dengan bangga bersama karya-karyanya, melalui ragam kegiatan berikut:

Sudut Pandang Jakarta

Menampilkan 50+ foto bertemakan resiliensi dan kolaborasi yang melibatkan warga dalam proses pengumpulannya.

Panggung Komunitas

Sebuah wadah bagi para komunitas agar bisa menampilkan keahlian dan semangat yang dimiliki. Menghadirkan JDCNEO (Jumat, 3 Desember 2021), Ukuiki dan Kaleb J (Sabtu, 4 Desember 2021) serta Nona Ria (Minggu, 4 Desember 2021).

Ruang Kolaborasi

Menghadirkan 20+ komunitas hasil kolaborasi dengan program +Jakarta guna saling berbagi informasi, kegiatan, dan membuka kesempatan berkolaborasi pada para pengunjung.

#IniJakarta juga menampilkan bermacam instalasi sebagai cara untuk memeriahkan acara melalui media sosial. Ada Pojok Betawi hasil kolaborasi dengan UMKM binaan Jakpreneur yang akan menyuguhkan karya dan produk terbaiknya. Tentunya telah hadir juga: Jakarta Community Guidebook, sebuah panduan yang mengintegrasikan berbagai informasi dan kegiatan dari komunitas-komunitas yang ada di Jakarta.

“Acara ini akan memperkenalkan, menjelaskan, dan merayakan semangat kolaborasi lewat keterlibatan aktif ragam elemen kota. Tentunya, kami akan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Seluruh pengisi acara, panitia, dan komunitas yang terlibat akan menjalani tes Antigen. Bagi pengunjung yang akan hadir, harus melakukan scan QR Code melalui aplikasi Peduli Lindungi,” kata Atika. (R/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.