FIFA dan UEFA Tuduh Saluran Saudi “Curi” Siaran Piala Dunia

Zurich, MINA – Fedrasi  sepak bola dunia FIFA dan Asosiasi Sepakbola Eropa UEFA menuduh saluran Arab Saudi “mencuri” siaran langsung Piala Dunia padahal mereka tidak memiliki hak untuk menyiarkannya.

Asosiasi telah mengancam untuk mengambil tindakan terhadap saluran eksklusif yang hanya ditujukan kepada channel olahraga beIN Qatar.

BeIN yang berbasis di Doha memiliki hak untuk menyiarkan semua 64 pertandingan Piala Dunia 2018 di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, demikian The New Arab melaporkan.

Channel BeoutQ telah menyiarkan setiap pertandingan turnamen sejauh ini, meskipun FIFA menyatakan belum memberikannya hak.

FIFA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka “menjelajahi semua opsi untuk menghentikan pelanggaran haknya.”

UEFA pada Kamis (21/6) bergabung mengecam channel BeoutQ, menuduh bahwa saluran itu sebelumnya secara ilegal juga mendistribusikan Liga Champions dan Liga Europa sepanjang musim 2017/18.

“UEFA menganggap bahwa pembajakan ilegal sepak bola langsung, terutama pada skala yang dilakukan oleh BeoutQ, merupakan ancaman signifikan terhadap sepak bola Eropa,” kata UEFA dalam sebuah pernyataan.

Saluran beIN Qatar adalah pemegang hak eksklusif di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara untuk kejuaraan Eropa. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.