FIFA: Penonton Piala Dunia Qatar Diperkirakan Capai 5 Miliar Orang

Davos, MINA – Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan, 2022 yang akan diselenggarakan di pada November diperkirakan akan ditonton oleh 5 miliar orang di seluruh dunia.

Hal itu disampaikannya dalam sesi panel Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, sebagaimana dikutip dari laman resmi FIFA, Rabu (25/5).

“Sepak bola, sebagai olahraga paling populer di dunia, memiliki jangkauan yang unik. Piala Dunia FIFA terakhir ditonton oleh empat miliar orang, Piala Dunia Wanita FIFA terakhir ditonton oleh 1,2 miliar orang. Piala Dunia di Qatar ini akan ditonton oleh lima miliar orang, jauh di atas separuh populasi dunia,” kata Infantino.

Ia menegaskan kembali keyakinannya bahwa Piala Dunia FIFA Qatar 2022 mendatang akan menjadi peluang untuk menyembuhkan dan bersatu dalam skala global, setelah pandemik, dan konflik yang telah mengisolasi serta memecah belah orang-orang di seluruh dunia.

“Mandela mengatakan bahwa olahraga dapat mengubah dunia, dapat menginspirasi, dapat menyatukan, dan dia benar dengan itu,” ujarnya.

Dalam sesi tersebut, Presiden Infantino juga menekankan, FIFA berkomitmen menempatkan kekuatan jangkauan dalam melayani masyarakat, berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, dan menggunakan olahraga sebagai kekuatan untuk kebaikan.

“Jika Anda menerjemahkan potensi ekonomi ini ke dalam dimensi sosial sepak bola, sepak bola mengubah kehidupan,” kata Infantino.

“Ini telah mengubah kehidupan banyak orang: mereka yang menjadi pemain, pemain besar, megabintang, anak laki-laki dan anak perempuan yang berkat sepak bola dapat [mengalami] nilai, persahabatan, semangat tim, dan banyak nilai lainnya. Jadi, dampak sosial dan ekonominya ada. Dan kemudian emosi, itulah bagian irasionalnya. Itu adalah sesuatu yang tidak bisa kamu jelaskan,” tambahnya. (T/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)