Forum Komunikasi Muslimin Indonesia New Zealand Dibentuk

Melbourne, 23 Dhulhijjah 1436/25 September 2016 (MINA) – Para peserta Umat Islam di Australia yang berlangsung di Melbourne, 23-25 September 2016, menyepakati terbentuknya Muslimin Indonesia New Zealand.

“Setelah melakukan konferensi, diskusi yang cukup panjang, hasilnya kita sepakati membentuk sebuah forum,” kata Ketua IMCV, Neil Siregar diaspora Indonesia di Australia, Diski Naim dalam sesi diskusi Muktamar Umat Islam Indonesia di Australia Ahad (25/9) di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melbourne.

Hasil lainnya yang disepakati dalam muktamar itu, program-program pemberdayaan muslimat dan pemuda untuk mendukung maksimalnya dakwah dalam rangka sumbangsih pembangunan kepada masyarakat Australia.

Dengan mengusung tema “Living in Harmony” diharapkan masyarakat muslim Indonesia yang saat ini tersebar di berbagai negara bagian Australia dapat memberikan sumbang sih kepada masyarakat Australia yang memiliki latar belakang budaya, sosial, ras dan agama yang heterogen.

Adanya muktamar ini menjadi sejarah bagi Muslim Indonesia di Australia karena berhasil mempertemukan sebagian besar perwakilan komunitas Muslimin di setiap negara bagian di Australia dan Selandia Baru.

Di sinilah masyarakat Indonesia mengambil peran dalam dakwah. Sebagaimana lazim diketahui oleh masyarakat internasional, bahwa masyarakat muslim Indonesia memiliki kelebihan dengan sifat kelembutan yang dimiliki.

“Akhlaq yang santun menjadi kelebihan masyarakat Indonesia. Mari kita maksimalkan ini untuk dakwah Islam,” kata sesepuh umat Islam Indonesia di Australia, Teuku Chalidin Yacob.(L/R03/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.