Rektor Unisma: Gali Kembali Khazanah Keislaman di Indonesia

Unisma
Foto: Unisma

Malang, 27 Jumadil Awwal 1437/6 Maret 2016 (MINA) – Indonesia harus kembali menggali untuk menangkal Radikalisme. Paham Islam dari luar Indonesia masuk bersamaan dengan berbagai kepentingan, termasuk kepentingan penyebaran ideologi, propaganda pemahaman dan termasuk sistem politik.

Hal ini menyebabkan banyak sekali aliran masuk, termasuk paham Islam yang menghalalkan kekerasan dalam berdakwah. Fakta ini menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh umat Islam Indonesia.

Hal ini disampaikan Maskuri, Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) dalam acara sarasehan bertajuk Paradigma Islam Global dan Pengembangan Unisma, yang dilangsungkan di Ruang Sidang Rektorat, Gedung Umar Bin Khottob.

Acara ini juga menghadirkan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sekaligus anggota Dewan Pembina Yayasan Unisma, Hasyim Muzadi, demikian laporan dari laman resmi Unisma yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Kami bertekad kuat meneruskan ajaran yang sesuai sunah Rasulullah dan menyebarkannya seantero dunia, khususnya melalui jalur tinggi,” kata Maskuri.

Ia juga berharap, Hasyim Muzadi dapat memberikan pengetahuan serta pengalamannya dalam menyebarkan ajaran Islam yang sebenarnya di tengah globalisasi dan isu transnasional yang tengah membelit dunia.

“Fenomena transnasional yang saat ini terjadi membuat batas antarnegara kian sempit. Hal tersebut mengakibatkan mudah sekali pemahaman asing, khususnya pemahaman terhadap Islam yang berbeda dengan yang sudah kita pelajari di Indonesia, masuk dan berkembang,” ujarnya.

Maskuri mengatakan, “Kita masih saja sibuk mendengungkan konsep Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin saja tanpa mempraktikkannya seperti yang sudah dilakukan Negara-negara yang dianggap lebih Islami dibandingkan Negara Islam sendiri, seperti Selandia Baru.”

“Hal ini menyebabkan Indonesia rentan menjadi tempat singgahnya berbagai macam aliran Islam. Mulai dari Islam garis keras hingga liberal, ada di Indonesia dan berkembang dengan macam-macam spektrumnya,” ungkapnya. (T/P006/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.