Di Gambia Hukuman Penjara 20 Tahun Menikahi Gadis di Bawah 18 Tahun

Banjul, , 2 Syawwal 1437/7 Juli 2016 (MINA) – Presiden Gambia pada Rabu (6/7) mengumumkan larangan menikahi anak gadis di bawah 18 tahun.

Berbicara kepada para orang tua Muslim setelah salat Idul Fitri, Jammeh mengatakan akan ada hukuman minimal 20 tahun penjara bagi setiap lelaki yang melakukannya.

Sedangkan bagi orangtua gadis bisa menghadapi 21 tahun penjara, demikian Anadolu Agency memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Perkawinan anak dilarang di Gambia dan saya akan menempatkan hukuman yang sangat berat dan keras terhadap praktek ini,” kata Jammeh.

Menurutnya, praktik seperti itu akan menghancurkan masa depan anak-anak Gambia yang seharusnya pergi ke sekolah.

“Saya akan memenjarakan imam yang mengikat simpul dan menghancurkan pernikahan. Dan jika ada yang tahu tentang hal ini (pernikahan gadis di bawah umur) dan menolak untuk melaporkannya, kami akan mengirimkan ke penjara selama 10 tahun,” ujar Presiden.

Presiden mengatakan, ia akan memperkenalkan undang-undang akhir bulan ini.

adalah umum terjadi di Gambia.

Menurut survei kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah tahun lalu, sekitar 16 persen wanita menikah di usia 20-49 dan 15-41 persen menikah pada usia 18 tahun. (T/P001/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)