Gaza Sambut Kedatangan Kapal Bantuan Turki

, 28 Ramadhan 1437/4 Juli 2016 (MINA) – Departemen Urusan Sosial di Gaza mengatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan seluruh persiapan untuk menyambut bantuan kemanusiaan yang dibawa oleh kapal Turki, Lady Layla.

Dalam keterangan yang dirilis pada Ahad (3/7), Depertemen Urusan Sosial menyatakan bantuan kemanusiaan dari Turki akan tiba hari ini, Senin (4/7) melalui gerbang Karem Shalom, demikian Pusat Info (PIP) melaporkan.

Bantuan akan diserahkan langsung oleh Organisasi Bulan Sabit Merah (BSM) Turki kepada Depertemen Urusan Sosial untuk kemudian dibagikan segera melalui daftar penerima yang sudah disiapkan oleh departemen itu.

Media Turki, Anadolu Agency (AA) melaporkan bahwa semua pengaturan dan persiapan teknis sudah siap untuk menyambut kedatangan bantuan Turki ini. Ada truk-truk yang akan mengangkut barang dan bantuan ke gudang yang disupervisi oleh BSM Turki.

Delegasi Turki telah menyampaikan mekanisme pengangkutan barang ke Gaza dari gerbang Karem Shalom, satu-satunya gerbang yang diperbolehkan oleh otoritas penjajah Zionis sebagai jalur pengiriman pasokan bantuan dan barang ke Jalur Gaza.

Kapal bantuan Turki Lady Layla telah tiba di pelabuhan Zionis Ashdod pada Ahad (3/7) untuk selanjutnya akan dikirim ke Jalur Gaza.

Kapal bantuan Turki bertolak dari pelabuhan kota Mersin, Turki Selatan, Jumat (1/7) lalu, membawa 11 ribu ton bantuan kemanusiaan ke pelabuan Ashdod, , untuk selanjutnya diangkut ke Jalur Gaza. Direncanakan akan didistribusikan sebelum Idul Fitri.

Pengiriman kapal bantuan ini sebagai bagian dari kesepakatan penjanjian rekonsiliasi Turki – Israel yang ditandatangani baru-baru ini sebagai syarat normalisasi hubungan antara kedua belah pihak. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.