Gedung RA-MI Al-Fatah Panaragan Diresmikan, Bupati Tubaba Siap Bantu 

Bupati Tubaba didampingi oleh Wakil Bupati Tubaba, Fauzi Hasan dan jajarannya serta segenap anggota DPRD saat menggunting pita peresmikan gedung MI dan RA Al-Fatah, Panaragan.

Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung, MINA – Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung, Umar Ahmad siap membantu realisasikan perencanaan tata ruang kampung Muslimin di atas ruang seluas 30 ha melalui dinas terkait.

Hal itu disampaikannya dalam sambutan peresmian gedung Raudatul Athfal (RA/Jenjang pendidikan usia dini) dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatah pada Senin (14/5) di Panaragan, Tubaba, Lampung, Senin (14/5).

Acara ini juga dihadiri KH Yaksyallah Mansur selaku Pembina Utama Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah.

Bupati mengatakan walaupun dirinya hilir mudik puluhan tahun melewati perkampungan Panaragan yang dikenal masyarakat sebagai Kampung Muslimin, bagian wilayah dari Tiyuh Panaragan, Suku Juya RT 04/RW 01, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tubaba, berada tidak jauh dari Komplek perkantoran Bupati, namun pihaknya mengaku baru kali pertama memasukinya.

“Saya bener-bener merasakan ini adalah salah satu tempat yang memiliki aura positif yang tinggi. Biasanya sesuatu yang mempunyai aura tinggi karena tempat dan orangnya,” ungkap Umar.

Menurutnya, di tempat ini generasi-generasi yang Qur’ani, Islami, generasi yang akan membawa kemaslahatan untuk Ummat, mengerti tentang ke-Indonesiaan.

“Inilah yang menjadikan tempat ini menjadi lebih ber aura,”ungkapnya.

Perencanaan komplek Yayasan Pondok Pesantren Al-Fatah yang telah disusun, diharapkan dapat terealisasi semakin baik, secara bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tubaba, maka ruang-ruang yang telah direncanakan secara bertahap akan terisi.

“Saran saya kepada pengurus Yayasan, untuk mengkoordinasikan penataan ruang seluas 30 hektare dengan dinas terkait untuk lebih mensinkronkan tata ruang wilayah kabupaten dengan tata ruang di komplek yayasan ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, rencana tata ruang sebagaimana disampaikan oleh pimpinan Ponpes Al-Fatah, Prof. Dr. Ir Achmad Ariffien Bratawinata seperti kawasan perumahan, kawasan ekonomi, pihaknya sangat menyambut baik dan akan membantu merealisasikan perencanaan tersebut melalui dinas-dinas terkait.

Selain itu, dengan melihat usaha masyarakat setempat di samping perkebunan, juga banyak masyarakat yang berternak kambing, sehingga diharapkan kedepan dapat menyediakan satu tempat untuk lokalisasi ternak bagi masyarakat setempat.

“Saran kepada Prof kalau bisa buat kawasan ternaknya di koloni, jadi khusus ternak tidak bercampur dengan perumahan warga, jika di koloni juga akan menghemat dan menimbulkan skala ekonomi yang menguntungkan, di samping tidak mengganggu tetangga dan dapat memberikan kesan keindahan dan kerapihan lingkungan,” sarannya.

Dalam hal ini, Umar berharap mudah-mudahan kampung Muslimin ini memiliki sumbangsih yang besar terutama dalam membangun generasi Tubaba.

“Selain generasi yang Qur’ani, Islami juga menjadi generasi yang meneguhkan prinsip Tubaba yakni Nemen, Nedes, dan Nerimo,” katanya.

Pembina Utama Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Yakhsyallah Mansur dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran pemerintah daerah dan para wakil rakyat telah hadir di tempat tersebut.

“Jalinan silaturahmi ini semoga dapat terjalin untuk ke depan dan kami berjanji akan terus berkoordinasi dalam melaksanakan pembangunan komplek perkampungan tersebut sehingga dapat bersinergi dengan perencanaan Kabupaten Tubaba,” ucapnya.

Ia juga turut bersyukur atas bantuan partisipasi moril dan materil dari Bupati, Wakil Bupati, dan seluruh aparatur pemerintahan daerah Tubaba yang telah mendorong Yayasan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Panaragan.

“Semoga ke depan dapat disenangi dan mudah-mudahan menjadi salah satu pilihan untuk menitipkan anak didik guna membentuk generasi-generasi yang Qur’ani, Islami dan rahmatan lil ‘aalamiin,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir Achmad Ariffien Bratawinata, M. Agr mengatakan pihaknya sangat bangga dengan kehadiran Bupati dan wakil bupati di tempat yang sangat sederhana ini.

“Kami bangga dan sangat berterima kasih atas bantuan moril dan materil dari bupati sehingga terbangun gedung sekolah MI dan RA ,” terangnya.

Acara ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Tubaba Yantoni, anggota DPRD Soleh Taufik, Kepala Dinas PUPR Iwan Mursalin, Kadis Pendidikan Amrullah, Kadis Kominfo Fajril Hikmah, Kasi Pendis Kemenag Tubaba Hizbullah Safari, Camat, Kepalo Tiyuh Panaragan, dan segenap tamu undangan.  (L/Icha/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0