Gelar FGD, Kemenag Bahas Seleksi Prestasi Akademik Nasional UMPTKIN 2019

Jakarta, MINA – Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Diskusi Kelompok Terarah (Focused Group Discussion – FGD) guna membahas Prosedur Operasional Baku (POB) Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UMPTKIN) Tahun 2019.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendis Kemenag RI, Arskal Salim mewakili Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengatakan, tujuan forum ini adalah untuk meningkatkan kualitas seleksi penerimaan mahasiswa baru.

“Salah satu perubahan model baru yakni lewat ujian tulis berbasis komputer. Kita berharap tahun 2019 semakin banyak PTKIN yang mengunakan sistem ini,” kata Arskal di Jakarta, Senin (7/1) malam.

Arskal juga menyingung soal wacana pembentukan lembaga tes masuk PTKIN seperti yang digunakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) demi merespon kemajuan teknologi dan keinginan mewujudkan test berstandar nasional.

Sementara itu, Ketua Umum SPAN-UM PTKIN, Musafir Pababbari dalam sambutannya menyampaikan pedoman yang telah di sepakati di Banjarmasin terkait pembiayaan SPAN-UMPTKIN.

“SPAN-UMPTKIN Insha Allah akan launching pada 23 Januari 2019. Begitu usai launching dilakukan verifikasi dan pendaftaran,” ujar Musaffir.

Ia menambahkan, untuk pengumuman hasil seleksi digelar pada 1 April 2019 dilanjutkan dengan pendaftaran ulang pada Mei 2019.

FGD Pembahasan Prosedur Operasional Baku (POB) Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UMPTKIN) Tahun 2019 akan berlangsung selama dua hari 7-8 Januari 2019.

Acara diikuti oleh 75 orang pembahas yang berasal dari para Rektor UIN, IAIN, Ketua STAIN, akademisi, praktisi, dan pejabat Kemenag Pusat.

Dalam kesempatan yang sama dikenalkan juga para rektor yang baru dilantik oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Senin (7/1) pagi. Mereka adalah Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, M.A sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta; Dr. H. Sumanta, M.Ag  sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syek Nur Jati Cirebon; dan Dr. Inayatillah, S.Ag, M.Ag sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tengku Dirundeng Meulaboh. (R/R09/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)