GEMPA 7,5 SR GUNCANG AFGHAN, PAKISTAN, INDIA, RATUSAN TEWAS

Peta pusat gempat Afghanistan. (Gambar: dok. Al Jazeera)
Peta pusat gempat . (Gambar: dok. Al Jazeera)

Kabul, 14 Muharram 1437/27 Oktober 2015 (MINA) – berkekuatan 7,5 skala ritcher mengguncang Afghanistan utara yang dirasakan hingga utara dan .

Lembaga geologi Amerika Serikat menempatkan pusat gempa Senin (26/10) itu di dekat Jarm, timur laut Afghanistan, 250 km dari ibukota Kabul dengan kedalaman 213km.

Total korban tewas sementara mencapai 335, di mana setidaknya 253 orang tewas di Pakistan dan sedikitnya 82 lainnya di Afghanistan, menurut laporan resmi dari kedua negara, Al Jazeera melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif memperpendek kunjungannya ke Inggris untuk terbang pulang ke negaranya.

Hikmat Fasi, warga Provinsi Parwan di Afghanistan utara, mengatakan, gempa menyebabkan banyak kerusakan di daerah.

“Kami aman tapi saya melihat banyak bangunan runtuh,” kata Hikmat Fasi. “Ini menyebabkan kerusakan parah pada daerah kami. Kami hanya berdoa.”

Menurut pejabat layanan publik Inter-Service, semua rumah sakit militer dan helikopter ditempatkan pada siaga dan waspada.

Warga mengatakan, guncangan kuat juga dirasakan di New Delhi dan Islamabad. Pihak berwenang di India dan Pakistan mengeluarkan peringatan akan kemungkinan gempa susulan yang kuat. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0