Gempa Guncang Banjarnegara, Dua Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

, MINA – berkekuatan 4.4 skala richter mengguncang wilayah Banjarnegara tadi siang, mengakibatkan sedikitnya dua orang meninggal dunia dan belasan lainnya luka-luka.

Sejumlah media lokal melaporkan bahwa selain menimbulkan korban jiwa, gempa yang melanda sekitar pukul 13.28 WIB ini juga mengakibatkan lebih 144 rumah warga mengalami kerusakan. Dalam 144 terdapat 500an jiwa.

Analisis BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menunjukkan gempa tersebut berpusat di darat pada koordinat 7.21 LS dan 109,65 BT, pada jarak 52 km utara Kebumen pada kedalaman 4 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempa (SIG) BMKG atau II MMI di wilayah Banjarnegara.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta I Nyoman Sukanta menerima laporan yang mengatakan bahwa di daerah tersebut guncangan gempa dirasakan oleh beberapa orang dan hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa.

Laporan itu menambahkan, jika ditinjau dari lokasi pusat gempanya, gempa tersebut berada di darat yang diakibatkan oleh aktivitas patahan lokal.

Hingga analisa ini dibuat, tidak tercatat adanya gempa susulan. Untuk itu kepada masyarakat yg berdomisili di Banjarnegara dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang. Jangan mudah terpancing dgn isu-isu yg menyesatkan. (L/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)