GENERASI OSLO YANG DIKHIANATI BERGABUNG DALAM INTIFADA BARU, KATA UE

Federica Mogherini
Federica Mogherini

Brussels, 16 Muharram 1437/29 Oktober 2015 (MINA) – Ketua Kelompok Sosialis Demokrat Uni Eropa, Gianni Pittella, mengatakan warga yang memilih bergabung dalam “intifada baru” adalah Generasi Kesepakatan Oslo “yang diberikan janji-janji kosong.”

Mengingat begitu meluasnya aksi kekerasan yang sedang berlangsung di seluruh wilayah Palestina dan , Pittella mengatakan ‘Kita harus selalu ingat bahwa pemuda Palestina bergabung dengan intifada baru adalah generasi Oslo yang telah dikhianati dari waktu ke waktu lagi oleh janji-janji kosong,” Mi’raj Islamic News Agency (MINA) dengan mengutip kantor berita Palestina, WAFA, melaporkan.

Berikut pernyataan yang disampaikan Federica Mogherini, perwakilan tinggi Uni Eropa untuk urusan luar negeri dan keamanan, mengenai situasi di Israel dan Palestina di sidang pleno Parlemen Eropa di Strasbourg, Pittella, menyatakan, “kita kehilangan Generasi Oslo – pembicaraan damai harus diadakan sekarang untuk menghindari kehilangan berikutnya.”

‘Merebaknya kekerasan di Israel dan Palestina adalah siklus; alasan yang lama dan selalu sama: ketidakmampuan untuk mengatasi akar penyebab masalah,” tegas Pittela. Dia menambahkan, ‘Pendudukan Palestina benar-benar tidak dapat diterima -. Tetapi begitulah suasana teror dan terkutuklah orang-orang Israel.”

Pittela menegaskan perlunya ‘memerangi musuh-musuh sejati atas proses perdamaian – ekstremis di kedua sisi Israel dan Palestina -. untuk menghindari kehilangan generasi lainnya.”

Dijelaskannya, “Satu-satunya pilihan adalah solusi dua negara, Israel dan Palestina hidup bersama dalam damai dan keamanan dengan mengakui perbatasan tahun 1967″, yang dikatakannya memaksa Eropa untuk memainkan peran penting, sebagai donor utama Palestina dan mitra dagang terpenting bagi Israel.

‘Eropa, Palestina dan Israel semua menghadapi musuh bersama, ekstremis kekerasan; apakah mereka menjadi dalam bentuk Daesh
atau mereka yang menyebarkan kebencian. Itulah sebabnya upaya Federica Mogherini harus didukung sepenuhnya dan didukung oleh semua pemerintah nasional.” (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0