Gerhana Matahari Cincin akan Terjadi 26 Desember

Bogor, MINA – Pusat Observasi Falak Jama’ah Muslimin (Hizbullah) melaporkan bahwa pada Ijtima dan Iqtiron markazi bulan Jumadil Awal 1441 H pada hari Kamis 29 Rabiul Akhir 1441 H atau 26 Desember 2019 M akan terjadi .

Saat itu, bulan dan matahari terletak di buruj Jadyu 3.52 darjah dan bulan terletak di manzilah As-Syaulah 10.24 darjah.

“Awal gerhana pukul 11.51 WIB dan pertengahan gerhana pukul 12.52 WIB dan akhir gerhana pada pukul 13.53 WIB,” kata Amir DHR Jamaah Muslimin (Hizbullah) KH. Abu Muchtar Marsa’i dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Jumat (4/10).

Kemudian puncaknya, dikatakannya bahwa piringan bulan menutupi 97% piringan Matahari dan berbentuk seperti cincin, sebabnya bulan pada saat itu ada pada jarak tertinggi dari bumi maka kelihatannya menjadi kecil.

Negara-negara yang terlewati gerhana matahari wilayah Timur Tengah, Benua Asia, Australia Barat Daya. Sementara yang dapat melihat gerhana matahari cincin itu Indonesia, Singapura, Serilangka dan India.

Adapun yang dapat melihat sebagian, di antaranya Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Pakistan dan Mesir. (R/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.