GRAND FINAL LOMBA BUDAYA MUTU SD DIIKUTI 28 PROVINSI

Padang, 25 Muharram 1437/7 November 2015 (MINA) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyelenggarakan Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-2 Tahun 2015.

Acara ini berlangsung pada 2-6 November 2015 di Padang, Sumatera Barat, dan diikuti 128 finalis Kepala Sekolah SD, 88 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan 28 Dinas Pendidikan Provinsi, laman resmi Kemendikbud yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Direktur Pembinaan SD, Wowon Widaryat mengatakan, tahapan lomba seleksi ini meliputi seleksi administrasi, visitasi lapangan, sampai dengan presentasi dan wawancara antara kepala sekolah dan pendamping.

“Selain itu tahun 2016 Kemendikbud akan menambahkan 3 program, yaitu meningkatkan sekolah pembina dari 256 yang sudah terlegalisasi dengan SK. Harapannya ditingkatkan lagi menjadi 514 sekolah pembina. Sehingga dari 514 sekolah tersebut dapat memberikan efek kepada sekolah pembina di daerah tersebut,” ujar Wowon.

Dalam Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-2 Tahun 2015 ini, terdapat Tim Penilai/Juri sebanyak 32 orang dari berbagai latar belakang, antara lain akademisi, praktisi dan birokrat (perwakilan dari unit di lingkungan Kemendikbud).

Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional telah berhasil menjaring pemenang sebanyak masing-masing enam pemenang di kelompok SD Negeri dan SD Swasta, yang terbagi lagi di masing-masing enam kategori yaitu 1.

Juara Aspek Budaya Mutu pembelajaran, 2. Juara Aspek Budaya Mutu Ekstrakurikuler, 3. Juara Aspek Budaya Mutu Manajemen Berbasis Sekolah, 4. Juara Aspek Budaya Mutu Perpustakaan, 5. Juara Aspek Olahraga, dan 6. Juara Lomba Budaya Mutu Sekolah (Whole School). Kemudian ada tambahan pemenang dari kategori Sekolah Dasar Percontohan, sehingga keseluruhan pemenang berjumlah 18 orang. Juara umum dalam Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-2 Tahun 2015 diraih Provinsi Jawa Timur.

Sebagai rangkaian kegiatan tersebut, diadakan juga Seminar Nasional, tentang Budaya Mutu Sekolah Dasar. Hadir sebagai narasumber Prof.Dr.Musliar Kasim dari Universitas Andalas; Dr.Suharno dari Universitas Negeri Yogyakarta. Sedangkan untuk narasumber Best Practices hadir juga mantan Bupati Tanah Datar 2005-2015, Shadiq Pasadigoe, mantan Bupati Pesisir Selatan 2005-2015, Nasrul Abit. (T/P006/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/4801

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0