Gubernur Anies Serahkan Sapi Kurban Seberat 1,2 Ton di JIS

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi kepada panitia kurban di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok Jakarta Utara, Ahad (10/7/2022).(Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Jakarta menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi kepada panitia kurban di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok Jakarta Utara, Ahad (10/7).

Sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) telah memeriksa kesehatan sapi kurban seberat 1,2 ton itu dan dinyatakan sehat serta layak kurban.

“Izinkan pada kesempatan pagi ini kami menyerahkan hewan kurban seekor sapi seberat 1,2 ton yang sudah diperiksa Dinas KPKP DKI Jakarta dan dinyatakan sehat,” ungkap Anies usai mengikuti Shalat 1443 Hijriah di JIS.

Dinas KPKP DKI Jakarta telah memeriksa kesehatan sapi yang diserahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk dikurban.

Sapi dari daerah Jawa Barat ini diperiksa secara klinis, fisik dan syariat Islam. Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan hewan layak dikurban dan aman untuk dikonsumsi.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, maka hewan kurban ini kami serahkan ke panitia kurban untuk didistribusikan di Jakarta dan sekitarnya. Insya Allah kurban ini diterima dan dilipatgandakan pahalanya,” pungkas Anies.

Selain menyerahkan hewan kurban di JIS, Gubernur Anies juga menyembelih hewan kurban di kediamannya, tepatnya di Mushola Babul Khoirot, Lebak Bulus Dalam, sekitar pukul 11.00 WIB. Anies menyatakan, dia dan keluarga juga menyembelih hewan kurban di beberapa daerah, termasuk di Kuningan Jawa Barat dan Yogyakarta.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban wajib dilakukan untuk memastikan hewan tersebut layak dikurban dan aman dikonsumsi.

“Pemeriksaan mencakup klinis. Secara fisik dilihat dari mata, bulu, performa atau penampakannya. Kemudian apakah sesuai dengan syariat Islam, seperti tidak cacat dan sesuai dengan umur,” ungkap Eli di JIS.

Dia menuturkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, sapi kurban yang akan diserahkan Anies dinyatakan sehat dan layak untuk dikurbankan.

“Sapi dipastikan sehat dan layak untuk kurban,” pungkasnya. (L/R1/RI-1)

Mi’raj news Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.