GULIRKAN BAN DIBAKAR PADA TENTARA ISRAEL, LIMA WARGA PALESTINA TEWAS DITEMBAK

Tentara Israel di perbatasan Gaza. (Foto: Worldbulletin)
Tentara di perbatasan . (Foto: Worldbulletin)

Gaza, 25 Dzulhijjah 1436/9 Oktober 2015 (MINA) – Tentara pendudukan Israel kembali membunuh lima warga dan melukai 21 lainnya dalam sebuah bentrokan di perbatasan Gaza, Jum’at (9/10) siang, setelah pejuang melemparkan batu dan menggulirkan ban yang dibakar pada tentara Israel.

Petugas medis Gaza mengungkapkan nama-nama korban tersebut antara lain, Ahmed al-Hirbawi, Shadi Dawla dan Abed al-Wahidi yang masih berusia 20 tahun. Mereka tewas akibat tembakan dari tentara penjajah Israel ke arah mereka dari perbatasan.

“Korban keempat adalah Mohammed Al-Raqab, 15. Sementara korban kelima diidentifikasi berusia 19 tahun dari Khan Yunis, namun namanya tidak diumumkan,” kata sumber medis Gaza, demikian Worldbulletin dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jum’at.

Sebelumnya, seorang juru bicara militer Israel mengatakan bahwa sekitar 200 warga Palestina mendekati pagar perbatasan Gaza dengan melemparkan batu dan menggulirkan ban yang terbakar ke arah pasukan Israel.

“Pasukan kami di tempat langsung merespon dengan senjata api untuk mencegah mereka dan membubarkan kerusuhan,” katanya.

Intifadhah Baru

Sementara Gerakan perlawanan Islam Hamas mengatakan bahwa kekerasan di Tepi Barat dan Al-Quds Timur dapat memicu intifadhah baru untuk mendesak Israel keluar dari wilayah Palestina.

Dalam khutbah Jum’atnya di Gaza, Wakil Biro Politik Hamas, Ismail Haniyah menyerukan untuk mempersiapkan kekuatan dalam usaha peningkatan intifadhah baru. “Ini adalah satu-satunya jalan untuk pembebasan,” ujarnya.

“Masyarakat Gaza akan memenuhi perannya dalam intifada baru dan saat ini lebih dari siap untuk melakukan konfrontasi,” pungkasnya. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0