Guna Dekatkan Jemaah, PPIH Arab Rilis Call Center dan Whatsapp Center

Jakarta, 26 Dzulqa’dah 1437/29 Agustus 2016 (MINA) – Panitia Penyelenggara Ibadah () Arab Saudi merilis call center dan whatsapp/SMS center guna melayani dan mendekatkan jemaah haji dalam mengakses layanan petugas, menerima saran, masukan dan aduan.

PPIH Arab Saudi mengusung motto “Kami Ada Untuk Melayani Jemaah” siap menerima aduan selama 24 jam melalui call center di nomor 920013210, serta Whatsapp/SMS Center di nomor 0503500017.

“Ini merupakan bagan dari mata rantai upaya kita untuk mendekatkan jemaah kepada para petugas dan untuk mengumpulkan pengaduan. Kita ada sms center, wa center dan call center,” ujar Ketua PPIH Ahmad Dumyati Basori melalui keterangan tertulis yang diterima MINA dari Media Center Haji (MCH) Daker Makkah, Sabtu (27/8).

Ia berharap, call center dan Whatsapp/SMS Center bisa segera dipahami jemaah haji dan keluarganya serta dimanfaatkan oleh mereka sebagai sarana menyampaikan aduan, saran dan masukan. Untuk saat ini pihaknya masih fokus terhadal sosialisasi agar call center tersebut bisa diketahui secara luas.

Dumyati melanjutkan, pengaduan yang masuk sampai saat ini belum terlalu banyak, baru sekitar 100 aduan, baik melalui sms/WA center, call center, dan ada juga yang melalui sarana komunikasi sejenis HT yang digunakan oleh tim PPIH.

“Harapan kita akan jauh lebih banyak setelah kita siapkan call center. Kita telah siapkan tenaga untuk mendata. Tapi kenyataannya masih sedikit pengaduan yang masuk. Apakah karena tidak ada persoalan yang dihadapi jemaah atau karena jemaah tidak memahami nomor ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya akan menggalakkan sosialiasi keberadaan layanan saluran pengaduan masalah haji ini, baik melaui banner, leaflet, dan lainnya.

Sosialisasi juga dilakukan secara langsung kepada masing-masing ketua kloter, ketua rombongan, dan ketua regu agar secara berkesinambungan ikut menosilasasikan kepada jemaah. “Sehingga ketika jemaah menghadapi persoalan, mereka bisa segera mengadukannya melalui media yang kita miliki,” katanya.

Ahmad Dumyati juga memastikan bahwa setiap aduan yang masuk akan segera ditindaklanjuti oleh tim media center yang telah ditunjuk di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah. Jika ada aduan yang tidak bisa diselesaikan, tim media center akan mengirimnya kepada Ketua PPIH untuk diteruskan kepada masing-masing penanggung jawab yang relevan dengan masalah dalam aduan. (L/M09/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.