Gus Yahya: NU Dukung Kemerdekaan Palestina

(Foto: Rana/MINA)

Jakarta, MINA – Ketua Umum Pengurus Besar (), KH Yahya Cholil Staquf menegaskan posisi NU mendukung dalam konflik dengan Israel.

NU, lanjut Gus Yahya, siap melakukan apapun untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi warga Palestina.

“Saya ingin tegaskan bahwa NU sejak awal berdiri di samping rakyat Palestina. NU terus menerus mendampingi rakyat Palestina. Kita terus membuat terobosan-terobosan agar rakyat Palestina mendapat kesempatan untuk membangun masa depan bagi mereka,” kata Gus Yahya dalam perayaan HUT ke-57 Gerakan Pembebasan Nasional Palestina (Fatah) di Kedubes Palestina Jakarta, Senin (10/1).

Didampingi Duta Besar Palestina untuk Indonesia Dr. Zuhair Al-Shun, Gus Yahya juga menyatakan persatuan di kalangan faksi Palestina penting untuk memberi keberhasilan bagi upaya untuk mewujudkan perdamaian.

“Ini salah satu hal yang harus diperjuangkan ke depan. Kita harus meletakkan semua kepentingan-kepentingan subyektif dari masing-masing pihak dan fokus berpikir pada nasib rakyat Palestina,” ujarnya.

Demi kemerdekaan Palestina, mantan juru bicara Presiden Abdurrahman Wahid itu juga menyoroti pentingnya pendekatan di luar jalur diplomasi formal.

“Masalah yang kita hadapi dengan Palestina adalah masalah yang sangat besar, tua, dan kompleks. Dari sudut pandang saya, ada masalah besar yang harus kita lakukan, dan pekerjaan ini dibutuhkan lebih dari diplomasi,” ucap Gus Yahya.

Melihat tingkat kompleksitas isu Palestina-Israel, dia mendesak pemerintah dan semua pihak untuk mengupayakan seluruh celah yang ada.

“Kita harus temukan apapun caranya, setiap lubang kecil yang ada pada tembok yang menghadang. Sekecil apapun lubangnya, kita harus temukan untuk masa depan yang lebih baik bagi warga Palestina,” kata dia.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.