Gusdar: Sistem Sangat Menentukan Kemajuan Lembaga

Cisarua, MINA – Trainer (pelatih) managemen dan kepemimpinan, Agus Sudarmadji menyatakan bahwa sistem yang dibangun dalam sebuah lembaga atau organisasi sangat menentukan seberapa besar kemajuan yang akan dicapai.

“Maju dan tidaknya Sebuah lembaga/organisasi bahkan suatu negara sangat ditentukan oleh sistem yang dibangun. Jika sistem baik, maka siapapun yang memimpin, asalkan konsekwen dan bertanggung jawab, maka ia akan maju,” katanya dalam pelatihan manajemen kutab Jama’ah Muslimin (Hizbullah) di Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (11/2).

Trainer sekaligus seorang ustaz yang akrab disebut Gusdar itu juga menegaskan, keseluruhan dari sebuah peraturan, tata nilai dan budaya yang dibangun dalam sebuah lembaga untuk menghasilkan sebuah produk atau kebijakan itulah yang kita katakan sebagai sistem.

Selain itu, kemampuan sumber daya manusia juga harus dipersiapkan dengan matang karena sebaik apapun sistem jika yang menjalankan kurang cakap, hasilnya juga tidak maksimal.

“Jika ada pepatah “the man behind the gun” (orang dibalik senjata) maka slogan yang tepat untuk saat ini untuk menggambarkan siapa orang itu adalah ” the mind behind the man” (pola pikir seseorang) itulah yang menentukan,” katanya.

Pelatihan managemen kutab itu merupakan program yang diselenggarakan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) dalam rangka meningkatkan kemampuan para katib (sekretaris) dari berbagai daerah di Indonesia, juga perwakilan dari lembaga seperti kantor berita MINA, sekolah Al-Quran Abdullah bin Masud, Sekolah Tinggi Al-Fatah, lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG)  dan lainnya. (L/P2/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)