Habibi Center Gelar Forum Dialog Bisnis dalam Meraih Peluang Perdagangan ASEAN

Jakarta, 23 Safar 1438/23 November 2016 (MINA) – bekerjasama dengan Indonesia Services Dialogue Council (ISD) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggelar Forum Dialog Bisnis dalam Meraih Peluang Perdagangan dan Investasi di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (23/11).

Tim Komunikasi Habibie Center Mila Oktaviani mengatakan, forum yang menarik partisipasi bisnis dari ASEAN dan Belanda ini bertujuan mengenalkan para pelaku dalam dan luar ASEAN, terutama dari Belanda serta Indonesia, mengenai peluang bisnis juga tantangan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN ().

“Forum ini juga bertujuan untuk menyediakan platform jaringan bisnis dari ASEAN dan Belanda serta memberikan kontribusi pada perluasan potensi perdagangan dan investasi baik di dalam maupun luar ASEAN,” kata Mila.

Forum Dialog Bisnis ini dibuka oleh Ilham Akbar Habibie (Direktur Institute for Democratiozation and Sosialisation of Technology The Habibie Center – IDST THC), dan pidato kunci disampaikan Tim Cordon (Kepala Ekonom ING Asia).

Seperti diketahui, MEA merupakan proyek integrasi ekonomi paling ambisius dan perjanjian perdagangan bebas Asia tenggara, secara resmi diluncurkan pada akhir 2015. Meskipun hampir satu tahun pelaksanaannya, sebagian besar dari komunitas bisnis tetap tidak menyadari pakta komersial kawasan ini.

Selain kebijakan untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi, ASEAN dan negara-negara anggotanya dapat melakukan inisiatif kampanye dan sosialisasi yang lebih agresif guna menarik sektor swasta dari dalam dan luar kawasan untuk menggiatkan sektor bisnis dalam menghadapi MEA.

Forum itu menghadirkan dialog bisnis bersama Anangga W. Roosdioni (Ketua Dewan Penasehat Bisnis ASEAN Indonesia), Glenn Pardede (Managing Director PT East West Seed Indonesia), Lili Yan Ing (Penasihat Senior Perdagangan dan Investasi, Sekretariat Presiden Republik Indonesia), Dr. Donna Gultom (Direktur Kerjasama ASEAN, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia), Noke Kiroyan (Dewan Pendiri, ISD), Bagas Adadhirga (Kepala Urusan Luar Negeri dan Pariwisata, HIPMI), dan dimoderatori Florence Armein (Kepala Jakarta Globe News channel). (L /R05/R04/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.