Hadapi Pilpres, Presiden Aljazair Pecat Dirjen. Keamanan Nasional

Algiers, MINA – Presiden Aljazair Abdelaziz (81 tahun)  memecat Dirjen. Pasukan Keamanan Nasional  Aljazair (DGSN) Mustapha Lahbiri  beberapa pekan sebelum pilpres pada 18 April mendatang, di manaBouteflika akan ikut pilpres untuk masa jabatan kelima.

Kementerian Dalam Negeri Aljazair dalam sebuah pernyataan yang disiarkan Kantor Berita APS,   melaporkan, Bouteflika telah menunjuk Abdelkader Kara Bouhadba  menggantikan Mustapha Lahbiri, demikian The New Arab melaporkan yang dikutip MINA pada Jumat (15/2).

Lahbiri diangkat sebagai kepala DGSN pada Juni 2018  menggantikan Abdelghani Hamel yang  dinilai Boutetflika sebagai berambiosi calon pengganti kepala negara.

Presiden berusia 81 tahun, yang menggunakan kursi roda dan jarang terlihat di depan umum sejak menderita stroke pada 2013, pada hari Ahad (10/2), mengumumkan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Kantor Berita APS bahwa ia akan mencalonkan diri untuk sekali lagi masa jabatan presiden untuk kelima kalinya pada pilpres 18 April nanti..

“Memecat Lahbiri adalah strategi yang telah digunakan rezim dalam beberapa bulan dan tahun terakhir di mana para pejabat tinggi militer dan polisi dipecat,” kata pakar Aljazair Yasmina Allouche kepada media The New Arab.

“Ini adalah taktik untuk memastikan mereka yang berada di posisi teratas benar-benar setia kepada Bouteflika dan akan mendukung mandat ke-5”, tambahnya. (T/Gun/P1)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)