Hafal Al-Quran, Pesantren Tahfidz Al Uswah Cianjur Gunakan Metode Imam Syafi’i

Cianjur, MINA – Pimpinan Al Uswah Cianjur, Jawa Barat, KH. Misbah Saiful Bahri mengatakan, santri-santrinya dalam menghafal Al-Quran untuk ukuran anak Sekolah Dasar (SD) menggunakan metode Imam Syafi’i.

“Metode ini diterapkan di pesantren kami dan terbukti sukses dalam menerapkan hafalan. Pesantren ini telah berdiri empat tahun lalu dan mempunyai 210 santri tingkat Sekolah Dasar Islam. Sebagian di asrama dan sebagian lainnya pulang pergi,” kata Misbah saat Mewisuda Tahfizh Al-Uswah di Cianjur, Ahad (3/6).

Dia juga mengatakan, pesantren ini khusus untuk menghasilkan para penghafal Al-Quran dengan target tahun ini 12 juz kepada seluruh santri setelah lulus nanti.

“Ada metode khusus, Imam syafii dalam riwayat disebutkan beliau baca 1 halaman 40 kali sampai per kata sudah hafal. Tidak heran Al Muwato, kitab hadis dia hafal. Usia 7 tahun hafal Al-Quran,” kata dia.

Dalam menghafal santri disuruh membaca Al-Quran yang akan dihafal sebanyak 20 kali, setelahnya ditutup untuk dibacakan di luar kepala.

Setidaknya dengan cara ini, sambung dia, kurun waktu sepekan satu halaman dapat dihafal oleh para santri.

Mengingat ini adalah para santri SD, KH. Misbah mengatakan, anak-anak didik dibina menghafal dengan suasana yang nyaman agar mereka mudah menghafal Al-Quran.

“Sekitar 90 persen target hafalan santri tercapai semua, baik hafalan dan murojaah oleh pihak pesantren,” kata Misbah. (L/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0