Hafiz Mohammed Patel, Pemimpin Muslim Inggris Berpengaruh, Wafat

Hafiz Mohammed Patel (Foto: Mirror.co.uk)
Hafiz Mohammed Patel (Foto: Mirror.co.uk)

Dewsbury, , 13 Jumadil Awwal 1437/20 Februari 2016 (MINA) – Hafiz Mohammed Patel, salah satu pemimpin Muslim yang paling berpengaruh di Inggris, telah meninggal. Dia dilaporkan tutup usia pada umur 92 tahun.

Puluhan ribu pelayat menghadiri pemakaman Hafiz di Kota Dewsbury, West Yorkshire, Inggris, Jumat (20/2) waktu setempat, demikian laporan BBC seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Patel adalah pemimpin Jamaah Tabligh (Tablighi Jamaat) Inggris dan Eropa. Organisasi keagamaan tersebut merupakan sebuah gerakan Islam global yang mendorong umat Muslim menjadi taat beragama.

Organisasi ini didirikan di India pada tahun 1926 dan berkaitan erat dengan sekolah Deobandi yang berpaham Sunni.

Sebuah organisasi komunitas Muslim di Bradford menggambarkan sosok Hafiz sebagai seorang ‘pelopor’ identitas Islam di Inggris.

Situs berita Islam21c melaporkan Hafiz meninggal pada Kamis (19/2) di usia 92 tahun. Dia mendirikan sebuah lembaga pendidian untuk imam dan ulama Islam di Dewsbury pada tahun 1978 dan lembaga Darul Ulum pada 1985.

Di lingkup dakwah, Hafiz tercatat menjadi imam Masjid Saville Grove bersama dengan Maulana Yaqub Kaawi Saheb. Dia juga mengajar di Madrasah, tetapi fokus utamanya adalah pada Tabligh.

Ishtiaq Ahmed, dari Bradford Council for Mosques, mengatakan, “Kami semua sangat sedih dan terkejut dengan kematiannya. Dia (Hafiz Patel) akan selalu dirindukan oleh ribuan orang di Inggris dan Eropa.

Di mata Ahmed, Hafiz adalah seorang figur pelopor dan visioner dalam hal identitas keislaman, dan tempat komunitas Muslim di Inggris memperdalam pengetahuan tentang Islam.

“Dia (Hafiz) membangun Dewsbury di West Yorkshire sebagai pusat umat Muslim Eropa di Inggris sejak tahun 1978. Ia adalah seorang mukmin yang taat di wilayah Inggris tempat Islam berkembang,” tegasnya. (T/P022/R05)

 

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)