HAMAS BANTAH LAKUKAN  PEMBICARAAN RAHASIA DENGAN ISRAEL

Foto: Alray
Foto: Alray

, 9 Shafar 1436/2 Desember 2014 (MINA) – Faksi Palestina membantah pernyataan  Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas yang menyatakan Hamas  melakukan pembicaraan rahasia dengan , Ahad (30/11).

“Tuduhan Presiden Abbas itu fitnah dan tidak berdasar,” kata juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri, dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan Alray yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

“Presiden perlu menunjukkan rasa hormat untuk posisi kami dan menahan diri dari menyebarkan kebohongan,” tambahnya.

Dalam sebuah wawancara dengan TV Mesir, Sabtu, Abbas mengatakan bahwa ia memiliki bukti bahwa perundingan dan perjanjian rahasia sedang dilakukan antara Hamas dan Israel.

Dia menambahkan bahwa Israel telah mengusulkan “berbahaya” rencana negara Palestina dengan perbatasan sementara kembali pada tahun 2003, sesuatu yang telah disetujui oleh Hamas.

Hamas dan faksi saingannya – yang dipimpin oleh Abbas – menandatangani kesepakatan rekonsiliasi pada bulan April lalu, yang bertujuan untuk mengakhiri tujuh tahun perpecahan kedua faksi. Perpecahan itu telah menyebabkan persaingan keduanya untuk memerintah  di Gaza dan Ramallah. Hamas berhasil mengusir Pasukan -Fatah dari pada tahun 2007 dan mengambil alih seluruh Jalur Gaza tersebut.

Kesepakatan rekonsiliasi itu membuka jalan untuk pembentukan pemerintah persatuan nasional pada bulan Juni lalu. (T/P010/P2)

Mi’raj Isamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0