Hamas Beri Selamat kepada Rakyat Turki atas Gagalnya Kudeta

Gaza, 12 Syawal 1437/17 Juli 2016 (MINA) – mengirimkan telegram ucapan selamat kepada rakyat dan para pemimpinnya atas kemenangan mereka melindungi demokrasi dan menggagalkan upaya oleh sekelompok militer.

Dalam keterangannya, Sabtu (16/7), Hamas menyatakan, gerakannya bersama seluruh rakyat Palestina mengutuk upaya kudeta yang dilakukan sejumlah perwira tentara Turki sebagai bentuk pemberangusan terhadap pilihan demokrasi rakyat Turki, demikian Pusat Info Palestina (PIP) melaporkan.

“Dengan ini, kami mengucapkan selamat kepada bangsa Turki dan para pejabatnya yang dipimpin Presiden Recep Tayyep Erdogan atas kemenangan mereka menggagalkan upaya kudeta tersebut dan memenangkan demokrasi serta kebebasan sehingga keamanan dan ketertiban terus terjaga,” tulis pernyataan Hamas.

Hamas juga mengungkapkan, senantiasa mengingat sikap para pemimpin Turki yang selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam menjaga keadilan, hak-hak rakyat dan memberikan bantuan langsung pada rakyat Palestina menembus blokade Gaza yang dilakukan Israel.

Masyarakat Turki dan para pimpinannya berhasil menggagalkan upaya kudeta oleh sekelompok militer Turki Jumat malam yang disaksikan langsung oleh dunia. Rakyat Turki berbondong-bondong turun ke jalan menghadang aksi tentara kudeta tersebut atas permintaan dan seruan presidennya, Erdogan yang menyerukan pilihan rakyat harus dibela. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)