HAMAS: ISRAEL BERTANGGUNG JAWAB ATAS KETEGANGAN DI GAZA

Situasi Gaza selatan setelah terkena serangan udara Israel (Foto: Reuters)
Situasi selatan setelah terkena serangan udara Israel. (Foto: Reuters)

Gaza, 3 Rabiul Awwal 1436/25 Desember 2014 (MINA) – Juru bicara , mengatakan, Israel bertanggung jawab atas ketegangan di timur Khan Younis, selatan Gaza.

“Mereka mencoba untuk menyeberangi perbatasan, memprovokasi respon dari Hamas,” kata Abu Zuhri, demikian Al-Arabiya melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Sumber-sumber medis mengatakan insiden itu terjadi di bagian timur dari kota Khan Younis dengan Tayseer Al-Ismary, 33, tewas akibat tembakan dan pecahan peluru artileri tank Israel.

Hamas menyatakan ia adalah anggota sayap militernya, Brigade Izzudin Al-Qassam.

Pada Sabtu (19/12) lalu, angkatan udara Israel menyerang dan menghantam Gaza untuk pertama kalinya sejak gencatan senjata disepakati pada Agustus lalu. Sejak itu, tiga roket telah menghantam selatan Israel.

Sebulan lalu, tentara Israel membunuh seorang Palestina di dekat tembok perbatasan di Gaza utara dalam penembakan mematikan pertama sejak gencatan senjata.

Hampir 2.200 warga Palestina tewas selama perang musim panas selama 51 hari, kebanyakan warga sipil, dan 73 orang di pihak Israel, sebagian besar dari mereka tentara.

Ketegangan antara Israel dan Jalur Gaza kembali meningkat, beberapa hari sebelumnya Israel mengebom sebuah lokasi latihan milik Al-Qassam di selatan Jalur Gaza. Sementara pihak perlawanan Palestina sendiri mengecam tindakan tersebut dan berjanji akan membalasnya.

Direncanakan kelompok perlawanan yang ada di Jalur Gaza akan mengadakan rapat bersama Kamis ini untuk membahas pelanggaran Israel terhadap gencatan senjata.(T/P011)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)