Hamas Puji Sikap Partai Penguasa di Afrika Selatan Soal Pengusiran Delegasi Israel

Gaza, MINA – Partai Kongres Nasional Afrika di dan menyambut baik keputusan untuk mengusir delegasi dari KTT Afrika yang diadakan di ibu kota Ethiopia, Addis Ababa.

Dalam sebuah pernyataan kepada awak media, Ahad (19/2), memuji partai penguasa di Afrika Selatan itu dan menilai keputusan itu sebagai posisi terhormat yang konsisten dengan sikap partai sebelumnya.

Hamas juga menilai mereka teguh membela keadilan bagi perjuangan Palestina dan berdiri bersama rakyat Palestina dalam membela hak-hak nasional mereka yang sah.

“Kami sekali lagi menghargai posisi negara-negara Arab dan Afrika yang ramah yang telah mendukung hak Palestina, dan kami meminta mereka untuk melanjutkan tekanan mereka sampai mengakhiri keanggotaan entitas Israel di Uni Afrika sejalan dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsipnya yang luhur,” kata juru bicara Hamas, Hazem Qassem.

Dikutip dari Palinfo, Qassem menghargai sikap partai Kongres Nasional Afrika yang berkuasa di Afrika Selatan yang menyambut baik pengusiran delegasi Israel dari KTT Afrika.

Qassem mengatakan, penegasan Kongres Nasional Afrika dan penentangannya untuk memberikan entitas Israel status sebagai anggota pengamat di Uni Afrika, mencerminkan posisi Afrika Selatan dalam mendukung hak-hak rakyat Palestina.

Dia meminta semua negara Afrika untuk menentang pendudukan bergabung dengan serikat mereka dan sejalan dengan sikap historisnya dalam mendukung perjuangan rakyat kita yang adil melawan proyek kolonial Israel. (T/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.