Hamas Serukan Tindakan Segera untuk Lindungi Al Aqsa dari Penggalian Israel

Gaza, MINA – Hamas menyerukan tindakan segera untuk melindungi Masjid Al Aqsa dari penggalian Israel yang membahayakan fondasi dan dinding masjid itu, MEMO melaporkan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Kamis (23/6), Hamas mengatakan penggalian lanjutan yang dilakukan oleh otoritas pendudukan Zionis di area Tembok Al-Buraq dan Istana Umayyah merupakan ancaman langsung terhadap fondasi dan dinding Masjid Al Aqsa yang diberkati, dan merupakan upaya untuk melenyapkan landmark Islam serta sejarah kota Yerusalem.

Hamas mengatakan, Israel bertanggungjawab penuh atas dampak dari pelanggaran serius ini dan meminta Liga Arab, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), serta Kerajaan Hashemite Yordania yang merupakan penjaga Masjid Al Aqsa, untuk bergerak segera menghentikan skema kolonial jahat ini, untuk melindungi Yerusalem dan Masjid Al Aqsa.

Sebelumnya, Dewan Wakaf, Urusan Islam dan Tempat-tempat Suci di kota Yerusalem mengatakan, sangat prihatin dengan penggalian yang dilakukan Israel di sekitar Masjid Al Aqsa.

Dewan menambahkan dalam sebuah pernyataan, Otoritas Barang Antik Israel dan asosiasi pemukiman Elad telah melakukan penggalian yang mencurigakan dan misterius di sekitar Masjid Al Aqsa, terutama di dekat sisi selatan dan barat, yang berdekatan dengan fondasi eksternal masjid.

Pihak berwenang Israel belum mengeluarkan komentar atas pernyataan Dewan tersebut. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.