Hamas Ucapkan Terima Kasih Kepada Buffon

Gaza, 7 Dzulhijjah 1437/9 September 2016 (MINA) – Gerakan Hamas mengucapkan terima kasih kepada penjaga gawang Timnas , Gianluigi Buffon (36 tahun) atas dukungannya untuk rakyat .

“Kami berterima kasih kepada penjaga gawang Italia, Buffon, yang berteriak untuk Palestina kepada penonton yang memadati lapangan di Haifa. Terima kasih Buffon dari bangsa Palestina,” kata salah seorang petinggi Hamas, Izzat Al-Rasyq dalam pernyataannya, Jum’at (9/9), Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan dari sumber media setempat Ynet News.

Dalam beberapa hari terakhir, media sosial ramai dengan ungkapan ‘Gigi’, sapaan akrab Buffon, yang berteriak “Free Palestine” setiap satu gol yang dicetak timnya ke gawang . Pertandingan yang berlangsung di Haifa itu dimenangkan oleh Italia dengan skor 3-1.

“Buffon selalu berteriak “Free Palestine” untuk setiap gol yang dicetak pemain Italia ke gawang Israel,” tulis Amin Yehuda, seorang presenter olahraga asal Qatar di akun Twitter-nya.

Media-media Israel mengungkapkan bahwa seruan penjaga gawang nomor satu Juventus, salah satu klub raksasa Serie-A Italia, itu memicu kemarahan orang-orang Yahudi hingga menyebabkan percobaan serangan terhadap dirinya.

Selama pertandingan berlangsung, beberapa penggemar tim Italia yang berkumpul di tribun penonton membuat gerakan-gerakan anti-Semit dan anti-Israel, termasuk mencemooh lagu kebangsaan Israel dan menyanjung Nazi.

Atas aksinya itu, Buffon terancam dijatuhi denda. Statuta Federasi Sepakbola Internasional (FIFA – Fédération Internationale de Football Association) menyatakan, aksi bernuansa politis dilarang dilakukan di lapangan sepakbola.

Selain Buffon, beberapa di antara pemain bola dunia yang pernah menyatakan solidaritasnya untuk Palestina adalah Bintang Portugal dan Real Madrid, Cristiano Ronaldo; bintang Jerman dan Arsenal, Mesut Ozil; legenda Manchester United (MU), Eric Cantona; dan legenda Sevilla, Frederic Kanoute. (T/P011/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.