Harganas Tekankan Peran Penting Keluarga Menumbuhkan Generasi Berkualitas

Banjarbaru, MINA – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, menyoroti upaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.

Hal itu diutarakan Hasto saat menyampaikan laporan di acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI 2019 di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7).

Tema sentral Harganas tahun ini adalah Hari Keluarga, Hari Kita Semua, mengandung makna bmhari keluarga dapat dirasakan oleh semua warga Indonesia dan dalam rangka menghidupkan kembali kesadaran kolektif akan arti pentingnya keluarga dalam tatanan kehidupan sosial.

Hasto melanjutkan, slogan Harganas yaitu Cinta Keluarga, Cinta Terencana, mengandung makna sebelum membangun keluarga harus dimulai dengan perencanaan yang baik agar tercipta sebuah keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.

“Dengan tema dan slogan tersebut, maka peringatan Harganas diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia untuk terus-menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas,” ujar Hasto.

Ia meneruskan, melalui program pembangunan keluarga, diharapkan setiap keluarga di Indonesia adalah keluarga yang bahagia sejahtera yang meningkat kesejahteraan dan taraf hidup keluarganya. Hal itu dapat ditempuh melalui berbagai program pembinaan ketahanan keluarga, serta pemberdayaan ekonomi keluarga.

Dalam hal ini setiap keluarga diharapkan dapat menjalankan delapan fungsi keluarga secara optimal, yaitu fungsi agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial budaya, dan fungsi lingkungan.

“Dan pada akhirnya akan terbentuk generasi emas bangsa Indonesia yang berkualitas, berkompeten, dan berkarakter,” terangnya.

Rangkaian kegiatan Harganas juga termasuk di dalamnya penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara BKKBN dengan Pemerintah Filipina dan Seychelles.

Pada acara puncak juga diisi dengan agenda pemberian penghargaan Satya lancana Pembangunan dan Satya Lancana Wira Karya

“Kami berharap semoga Hari Keluarga Nasional XXVI ini dapat dijadikan sebagai pemersatu program yang menjadi daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, Tim Penggerak PKK, dan mitra kerja,” tandas Hasto. (L/R11/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.