Hari Pariwisata Dunia, Tamu Hotel Di Tepi Barat Meningkat Dua Kali Lipat

Ramallah, MINA – Jumlah tamu hotel di Tepi Barat meningkat dua kali lipat, bertepatan dengan Selasa, 27 September 2022, seperti dicatat oleh Biro Pusat Statistik Palestina (PCB), bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Palestina, Selasa (27/9).

Dalam siaran pers PCB mengatakan, indikator di Palestina menunjukkan pertumbuhan yang jelas di sektor pariwisata dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya karena jumlah tamu hotel di Tepi Barat berlipat ganda selama paruh pertama tahun 2022, seperti dikutip dari Wafa.

Pihak PCB mengatkan, Hotel Bethlehem menerima jumlah tamu terbesar dengan 34% dari total jumlah tamu hotel, diikuti oleh Hotel Ramallah dan al-Bireh dengan 25%, sedangkan hotel Jericho dan Jordan Valley dengan 17%.

Perlu dicatat, 39% tamu hotel adalah pengunjung masuk dari luar Palestina, diikuti oleh orang Palestina yang tinggal di wilayah 1948 dengan 32%. Sedangkan tamu domestik merupakan 29% dari total tamu.

Lebih banyak jumlah kunjungan masuk ke lokasi wisata di Tepi Barat selama paruh pertama tahun 2022. Kebanyakan dari mereka adalah warga Palestina yang tinggal di wilayah 1948, dan sekitar 25% adalah wisatawan yang datang dari luar negeri.

Jumlah kunjungan masuk dari luar Palestina selama paruh pertama tahun 2022 dirinci oleh pusat wilayah sebagai berikut: 56% di wilayahn Betlehem, 22% di Yerikho dan wilayah Lembah Yordan, 18% di wilayah Nablus, dan 4% kunjungan didistribusikan ke seluruh wilayah Tepi Barat.

Adapun jumlah kunjungan masuk dari Palestina yang tinggal di wilayah 1948, mereka didistribusikan sebagai berikut: 49% dari kunjungan berada di Jericho dan Lembah Yordan, 18% di Jenin, 12% di Nablus, dan 21% dari kunjungan didistribusikan ke seluruh Gubernur Tepi Barat.

Selama paruh pertama tahun 2022, lokasi wisata di Tepi Barat mengalami peningkatan pergerakan pengunjung domestik, meningkat 68% dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Kunjungan lokal terkonsentrasi di Kegubernuran Qalqilya dengan 23%. Diikuti oleh Nablus dan Jericho dengan masing-masing 17%. Kemudian wilayah Ramallah dan Jenin dengan masing-masing 11%, sementara 21% kunjungan didistribusikan ke seluruh wilayah Tepi Barat.

Jumlah karyawan yang bekerja di sektor pariwisata meningkat 28% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 dan merupakan 5% dari total karyawan di Palestina.(T/RS3/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.