Himpun Dana Rp19,8 Miliar, Anies Apresiasi Keberhasilan Bulan Dana PMI DKI

Jakarta, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi keberhasilan dan capaian pelaksanaan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Tahun 2018 di DKI Jakarta, sejak 1 September hingga 31 Desember 2018 berhasil menghimpun dana sebesar Rp19,8 miliar.

Anies secara resmi menutup Bulan Dana PMI Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Tahun 2018 di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Kamis (14/2).

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi DKI Jakarta yang sekaligus Ketua Panitia Tahun 2018, Catur Laswanto, dan Ketua PMI DKI Jakarta Muhammad Ali Reza pun turut hadir dalam acara tersebut.

Anies mengatakan, perolehan hasil Bulan Dana PMI tersebut mengalami kenaikan sebesar 31 persen dari tahun sebelumnya, yaitu Rp15,1 miliar.

“Bulan Dana PMI 2018 alhamdulillah sudah tuntas. Kita berharap agar peningkatan ini akan membuat kerja PMI DKI Jakarta menjadi lebih optimal. Karena kita tahu yang dikerjakan oleh PMI adalah kerja kemanusiaan,” katanya.

“Karena itu, kita harus memastikan seluruh yang dibutuhkan PMI terfasilitasi dengan baik, salah satunya adalah kebutuhan pendanaan. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta juga memiliki komitmen, baik anggaran APBD, maupun dari penggalangan dana masyarakat,” ujarnya.

Ia  juga mengatakan, keberhasilan program PMI DKI Jakarta juga tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama yang baik antara PMI dengan instansi pemerintah maupun swasta di Tingkat Provinsi maupun di Tingkat Kota/Kabupaten, termasuk partisipasi aktif masyarakat.

Ia mengharapkan PMI DKI Jakarta dapat terus memberikan pelayanan kemanusiaan yang terbaik kepada masyarakat Ibu Kota Jakarta.

“Jakarta alhamdulillah, PMI DKI Jakarta menjadi contoh bagi provinsi lainnya. Ini semua hanya bisa terjadi dengan kolaborasi. Kita bersyukur bahwa penggalangan dananya  berhasil dan sukses. InsyaAllah ini menjadi motivator untuk tahun (berikutnya) juga bisa lebih banyak. Kita berharap nanti berkembang lebih luas lagi,” terang Anies.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Bulan Dana DKI Jakarta Tahun 2018 Catur Laswanto berharap agar hasil Bulan Dana PMI tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk berbagai kegiatan sosial kemanusiaan serta kepentingan masyarakat di Jakarta.

Catur turut memaparkan bahwa Bulan Dana PMI tahun 2018 berhasil terhimpun dana sebesar Rp19.848.525.745, ini meningkat 31 persen dari perolehan tahun 2017, yaitu sebesar Rp15.134.257.442.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta Muhammad Ali Reza menjelaskan bahwa hasil Bulan Dana tersebut nantinya akan dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk pelayanan, antara lain kegiatan bakti sosial, pelayanan dapur umum, dan evakuasi untuk korban bencana, pembinaan generasi muda melalui wadah Palang Merah Remaja (PMR), pembinaan kader Relawan, pembinaan tenaga Pelatih dan Guru Pembina PMR, pelayanan Ambulans, pelayanan Pemulihan Hubungan Keluarga (Restory Family Links) dan operasional.

Dalam acara ini, turut dilakukan serah terima hasil Bulan Dana PMI DKI Jakarta Tahun 2018 oleh Ketua Panitia Bulan Dana PMI DKI Jakarta Tahun 2018 kepada Ketua PMI DKI Jakarta, disaksikan oleh Gubernur Anies. Kemudian, penyerahan piagam penghargaan secara simbolis oleh Anies.

Pelaksanaan Bulan Dana PMI DKI Jakarta ini merupakan salah satu sumber penghimpunan dana sosial dari masyarakat untuk mendukung berbagai pelaksanaan kegiatan PMI DKI Jakarta.

Namun, tidak semata-mata hanya menghimpun dana, melainkan juga untuk membangun partisipasi masyarakat agar peduli membantu sesama. Sekaligus, menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan juga rasa memiliki terhadap lembaga PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan. (R/Haf/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)