HMJ Ilmu Perpustakaan UIN Raden Intan Bantu Masyarakat Lestarikan Budaya Baca

Pringsewu, MINA – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (HMJ IPII) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung menyelenggarakan pengabdian masyarakat ke Pelangi Senja, Desa Girimulyo, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, Lampung, Kamis (20/1).

Ketua Divisi Kominfo HMJ IPII, Habib Hizbulloh mengatakan, dalam pengabdian masyarakat tersebut, HMJ IPII melakukan berbagai kegiatan positif dalam rangka melestarikan budaya membaca dan hal-hal yang berkaitan dengan keilmuan bidang perpustakaan.

“Pertama, kami bermain sambil belajar dengan anak-anak, mulai dari belajar hal-hal yang ringan sampai dengan pengetahuan keagamaan. Selain itu juga kami memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar rumah baca ini terkait dengan pengelolaan buku,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain memberi edukasi, HMJ juga menyumbang sejumlah buku bacaan untuk menambah ilmu pengetahuan dan melengkapi koleksi bahan pustaka di Rumah Baca Pelangi Senja.

Sementara, Pengelola Rumah Baca Pelangi Senja, Farida menjelaskan, Rumah Baca ini mulai eksis sejak 5 Desember 2020 lalu. Berdirinya Rumah Baca ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa-siswi di lingkungan sekitar yang saat itu masih sekolah daring (dalam jaringan) dan lebih banyak disibukkan bermain gadget.

“Mudah-mudahan keberadaan Rumah Baca ini bisa menularkan semangat literasi ke anak-anak meskipun berada di desa terpencil. Selain gratis, saya juga ingin anak-anak bisa nyaman belajar di sini,” harapnya.

Rumah Baca Pelangi Senja, selain menyediakan bahan bacaan untuk anak-anak dan masyarakat, tempat ini juga menjadi tempat untuk mengolah barang bekas menjadi suatu kerajinan tangan yang memiliki nilai guna.

“Makanya dengan keberadaan rumah baca ini, harapannya masyarakat, khususnya anak-anak, bisa tetap mengakses pendidikan dengan belajar di sini,” tutupnya.

Selain mahasiswa HMJ IPII, pengabdian masyarakat ini didampingi beberapa Dosen dan Relawan-Forum Literasi Lampung.

Pengabdian Masyarakat ini diselenggarakan atas kerjasama HMJ IPII dengan Program Studi IPII UIN Raden Intan dan Forum Literasi Lampung. (L/R12/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)