HRW Tuding Pasukan Kurdi KRG Siksa Tahanan Anak

Baghdad, MINA – Sebuah kelompok pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) menuding pasukan keamanan di wilayah Kurdi, di utara , menyiksa anak-anak.

Lewat sebuah pernyataan, (HRW) menyatakan pasukan Pemerintah Regional Kurdi (KRG) memaksa anak-anak untuk “mengakui keterlibatan mereka” dalam kegiatan organisasi teroris ISIS/Daesh.

Menurut laporan HRW, pasukan keamanan KRG di Asayish, “memukul bahkan menyengat anak-anak” dalam tahanan mereka, demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA, Rabu (9/1).

“Sudah hampir dua tahun setelah KRG berjanji untuk menyelidiki penyiksaan terhadap tahanan anak, namun penyiksaan masih terjadi hingga hari ini,” kata Jo Becker, direktur advokasi hak anak-anak HRW.

“Otoritas Kurdistan harus segera mengakhiri penyiksaan tahanan anak dan menyelidiki mereka yang bertanggung jawab,” kata dia lagi.

HRW mengungkapkan, di antara 23 anak yang diwawancarai oleh kelompok tersebut, 16 anak mengakui bahwa satu atau lebih petugas di fasilitas Asayish menyiksa mereka selama interogasi, dengan memukuli tubuh mereka menggunakan pipa plastik, kabel listrik, atau tongkat.

“Tiga anak lelaki mengatakan petugas menggunakan kejutan listrik. Yang lainnya diikat dalam posisi “kalajengking” hingga dua jam,” tambah Becker.

Menurut anak-anak itu, penyiksaan berlanjut selama beberapa hari berturut-turut, dan baru berakhir jika mereka mengaku terlibat dengan Daesh.

Pada musim panas tahun 2014, Daesh menguasai sebagian besar wilayah utara dan barat Irak.

Setelah berperang selama tiga tahun, pada 2017, pemerintah Irak akhirnya menyatakan bahwa kehadiran militer Daesh di Irak sudah berakhir. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.