IDB SIAP KERJA SAMA WUJUDKAN BANDUNG SPIRIT

Pres Dir IDB, Ahmad Mohamad Ali bersama Wapres Jususf Kala (beritasatu)
Pres Dir IDB, Ahmad Mohamad Ali bersama Wapres Jususf Kala (beritasatu)

Jakarta, 4 Rajab 1435/23 April 2015 (MINA) – President (IDB), Ahmad Mohamed Ali menyatakan, pihaknya siap untuk bekerja sama dengan lembaga terkait (pemerintah maupun swasta) negara - untuk program peningkatan ekonomi umat sesuai semangat .

“Setelah pada 2005 terbentuk kerjasama ekonomi negara-negara Asia Afrika (NAASP),  kita perlu memusatkan perhatian pada bagaimana menghadapi tantangan global berupa peningkatan kesejahteraan rakyat (Asia-Afrika),” kata Mohamed Ali dalam keterangan pers peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika di Jakarta, Kamis.

“Sepuluh butir Bandung Spirit telah menginspirasi IDB dengan menjalankan program-program untuk mempromosikan agenda kerjasama Selatan-Selatan dan mendorong kerjasama yang lebih intensif dalam berbagai sektor antara negara-negara Asia Afrika,” paparnya.

IDB berdasarkan mandatnya, adalah lembaga keuangan yang memfokuskan program-programnya seperti kerjasama ekonomi, teknology, peningkatan kualitas SDM , bantuan pelatihan teknik dan perdagangan global kepada negara-negara anggotanya seperti.

Dalam mempromosikan bidang ekonomi, IDB memiliki sejumlah program yang dirancang untuk pengembangan keterampilan, seperti; promosi investasi, program bantuan tecnical (ITAP), promosi perdagangan, program pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, program beasiswa dan sebagainya.

Sementara itu, kontribusi IDB untuk Palestina telah dialokasikan sebesar $ 2,6 milyar untuk dana Al Aqsa. Palestina sendiri sebelumnya telah menerima sekitar $ 1,5 miliar yang dialokasikan untuk sektor penting termasuk kesehatan, pendidikan, air dan sanitasi, pertanian, perumahan, tata kota dan pemberdayaan ekonomi.

IDB juga bekerja sama melalui bantuan ke Palestina yang dimotori Indonesia dan Jepang dalam program CEAPAD

Selain Palestina, penerima manfaat dana IDB adalah Somalia, Niger, Komoro, Afganistan, Bangladesh, India, Kyrgztan, Pakistan, Uzbekistan dan Yaman. (L/R03/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0