IIBF : Indonesia Butuh Pelaku Handal Pegang Ekonomi Bangsa

Jakarta, 4 Muharram 1438/ 5 Oktober 2016 (MINA) – Presiden Indonesian Islamic Business Forum () Heppy Trenggono mengatakan, pemerintah harus memperhatikan Indonesia butuh pelaku-pelaku handal untuk memegang ekonomi bangsa ke depan.

“Indonesia membutuhkan pengusaha-pengusaha yang hebat, Indonesia membutuhkan pelaku-pelaku yang handal yang menjadi pemegang ekonomi bangsa kedepan,” kata Heppy saat Kongres Beli Indonesia di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, pada Rabu (5/10).

Ia menjelaskan, dalam membangun sebuah gerakan harus dimiliki semangat berkiprah dan juga menyiapkan diri berbagai rekomendasi secara kultural (karakter) dan struktural (sistem) .

“Kaya dan miskin itu karakter, kalau karakternya kita bangun, maka kita akan kaya, kalau karakternya tidak dibangun maka selamanya akan miskin,” ujarnya

Ia berharap, pemerintah daerah dan masyarakatnya memiliki satu kesatuan dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Heppy mencontohkan Kabupaten Kulon Progo, DIY, mereka memproduksi beras lalu dikonsumsi oleh rakyat Kulon Progo sendiri, memproduksi batik, ada toko milik rakyat berbasis koperasi yang mampu melayani kebutuhan masyarakat dengan hasil produksi Kulon Progo sendiri.

“Gerakan seperti Kulon Progo itulah yang disebut yang harus disosialisasikan ke daerah lain,”ucapnya.

Menurutnya, Gerakan Beli Indonesia adalah sebuah gerakan yang ditungu-tunggu. Gerakan ini dikatakannya sebagai cahaya di tengah lorong kegelapan.

Acara Gerakan Beli Indonesia berlangsung pada 3-5 Oktober 2016 di SMESCO Jakarta, menampilkan pameran produk karya anak bangsa, juga diisi dengan seminar-seminar bisnis dan entrepreneurship yang mendatangkan 350 tokoh yang terdiri dari anggota DPR, DPRD, tentara aktif atau tentara purnawirawan, rektor dari berbagai  universitar dan juga beberapa pengusaha kelas nasional dan internasional.

Dalam penutupan acara Beli Indonesia,  Ketua Panitia Pameran Beli Indonesia mengumumkan hasil dari review transaksi pemeran kali ini, sejumlah 1.649 transaksi dengan jumlah omset Rp. 4.612.378  dan kerjasama bisnis sebanyak 219.

“Kegiatan Beli Indonesia akan direncanakan berlangsung setiap tahun, dan tahun depan insya Allah akan digelar di Medan, Sumatra Utara,” ujarnya. (L/M013/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.