Imaam Yakhsyallah: Lima Alasan Kenapa Harus Hidup Ber-jama’ah

Bandar Lampung, 21 Muharram 1438/22 Oktober 2016 (MINA) – Imaamul Muslimin menjelaskan ada lima alasan kenapa umat Islam harus hidup ber-jama’ah (bersatu).

Hal ini disampaikan Imaam Yakhsyallah di hadapan jemaah Jama’ah Muslimin di desa Gaya Baru,  Kec. Seputih Surabaya, Lampung Tengah, Jumat (21/10) malam.

Menurutnya, lima alasan itu adalah yang pertama, untuk mewujudkan Islamiyah sesama Muslim.

“Tidak mungkin Umat Islam bisa mewujudkan ukhuwah Islamiyah tanpa mengamalkan hidup ber-jama’ah, dalam Al-Quran surat Ali Imran sudah dijelaskan, ayat ini turun saat umat Islam sedang krisis ukhuwah yakni antara Aus dan Khazraj,” katanya.

Alasan kedua kenapa harus ber-jama’ah yakni untuk menghindarkan umat Islam dari bencana dan fitnah kehidupan.

“Hal ini sebagaimana dipaparkan dalam Al-Quran surat Al-Anfal ayat 73, kalau tidak ber-jama’ah maka akan terjadi kekacauan di bumi dan kerusakan yang besar,” ujarnya.

Selanjutnya alasan ketiga, yakni dengan hidup berjama’ah kita dapatkan solusi untuk setiap problematika umat.

“Rasulullah ketika menjawab pertanyaan Hudzaifah ketika ditanya tentang keburukan yang terjadi pada umat mengatakan Talzamu Jama’atal Muslimina Wa Imaamahum,” ujarnya.

Keempat, kenapa umat Islam harus ber-jama’ah yakni karena dengan ber-jama’ah akan diturunkan rahmat.

Kemudian alasan kelima, dengan ber-jama’ah umat Islam bisa menegakkan syariat Islam secara lengkap.

“Kalau kita ingin menengakkan syariat Islam, ya dengan ber-jama’ah, dengan ber-jama’ah syariat Islam bisa ditegakkan secara kaffah (menyeluruh),” ujarnya.

“Oleh karenanya, hendaknya umat Islam ber-jama’ah dengan satu orang Imaam sebagai pemimpinnya, sebab hakikatnya imat Islam adalah umat yang satu,” tutupnya. (L/K08/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.