Indonesia-Bangladesh Jalin Kerja Sama Tingkatkan Ekonomi

Dhaka, MINA – Indonesia dan Bangladesh sepakat untuk terus meningkatkan . Hal tersebut merupakan salah satu hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Bangladesh yang baru, A.K. Abdul Momen di Dhaka, Senin  (4/2).

“Kerja sama perdagangan akan ditingkatkan melalui PTA (Preferential Tariff Agreement), yang negosiasinya akan dimulai akhir Februari di Dhaka,” kata Retno sebagaimana dilansir dari kemlu.go.id, Selasa (5/2).

Ia menambahkan, upaya penyelesaian draft perjanjian jual peli untuk pasokan gas alam cair (LNG) juga dibahas dalam pertemuan itu.

Sementara itu, Menlu Abdul Momen mengapresiasi kunjungan Menlu RI ke Dhaka. Retno merupakan Menlu pertama yang berkunjung ke Bangladesh di bawah pemerintahan baru PM Hashina.

Selain itu, kedua Menlu juga membahas isu Rakhine State. Bangladesh mendukung keterlibatan ASEAN yang lebih besar di Rakhine State. Keduanya sepakat mengenai pentingnya pemulangan kembali yang sukarela, aman dan bermartabat.

Selama kunjungan ke Dhaka, Menlu RI juga melakukan kunjungan kehormatan ke PM Bangladesh, Sheikh Hashina. Menlu RI juga bertemu dengan State Minister for Foreign Affairs, Shahriar Alam.

Sebelum meninggalkan Dhaka, Menlu Retno berkesempatan melakukan pembicaraan per telepon dengan Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Myanmar, Duta Besar Christine Schraner Burgener. (R/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.